Nostalgila Praktikum :p

Seorang teman, yang entah bagaimana dapet nomor hp gue, menelfon kemarin malam. Teman ini adalah teman satu fakultas ketika di Padang dulu, yang sekarang udah wisuda sarjana (oh siall, gue kapaann?) dan lagi menjalani pendidikan profesinya di salah satu rumah sakit di Sumatera Barat. Eh banyak rumah sakit ding, kan di rolling gitu ya wkwk. Cerita punya cerita, sampailah kami ke percakapan soal kenangan praktikum dan ujian Anatomi yang agak menggelikan (eh mengerikan) itu. Dan kalo dipikir-pikir, gue ini ternyata hebat juga ya dulu. Kalo sekarang disuruh kayak gitu lagi mahh, nggak deh gue *serem.

Jadi, ujiannya tuh gini. Soalnya ada isian kalo ga salah 100 soal tentang bagian2 tubuh manusia mulai dari tulang, otot, saraf, pembuluh darah, dst, dan itu cadavernya asli (yaiyalah --"). Jadi ada beberapa cadaver  utuh yang udah dikulitin (utuh maksud gue dari kepala sampe kaki, tapi isi perutnya udah ga ada), tengkorak, tulang, isi perut yang udah dipretelin satu-satu, otak, jantung, paru-paru, usus, alat reproduksi, semuanya deh, yang pada bagian tertentunya dijahit dengan benang wol berwarna warni (misalnya di jantung, ada 3 benang beda warna, di otak ada 2 benang beda warna, di potongan otot A ada 2 benang beda warna, dst sesuai jumlah soal pada potongan cadavernya). Sampe sini aja udah serem kan yahh? (Kalo anak yang bergelut dengan medis kayaknya ngejawabnya mungkin nggak, wkwk)

Ujiannya sendiri dibagi beberapa term, satu term sekitar 20an orang. Di ruangan ujiannya disusun meja2 berbentuk segi empat, ada banyak meja disitu, dan di masing-masing meja diletakkan satu potongan organ/cadaver utuh/tengkorak dst tadi plus soal yang ditempel di depan meja masing-masing. Misalnya di meja yang isinya cadaver utuh, ditempel kayak gini; "Soal nomor 20 : apa nama otot yang diikat oleh benang merah? Nomor 21 : apa nama bagian yang diikat benang hitam?" Gitu deh. Nah sistemnya, kami berdua puluh mengelilingi meja itu sehingga satu orang dapet satu meja, satu meja 1 menit, pas udah satu menit, kami bergerak maju ke meja berikutnya, begitu seterusnya sampe semua soal kejawab.

Seru? Haha, banget.

Kertas ujian gue aja sampe lecek dan basah gara2 formalin yang netes2 di mejanya, belum lagi pas ngeberaniin mental buat ngobrak abrik itu cadaver dan potongan2 tubuhnya demi nyari benangnya terletak dimana, karena ada beberapa kayak jantung atau alat reproduksi yang benang2nya entah dilipatan yang mana, dibalik balik lagi berulang ulang karena ga yakin, trus lari-lari ke meja berikutnya karena dosennya udah teriak "time up". Dan itu semuanya pake tangan loh megangnya, nggak pake pinset atau sarung tangan -__-", dan bau ruangan serta efek formalin yang bikin mata panas dan air mata dan ingus meleleh itu juga cobaan banget deh!

Back to telpon.

Gue dan temen gue itu ketawa-ketawa lagi. Trus dia mengingatkan cerita tolol tentang gue yang mendadak pake jilbab super lebar gara-gara ga mau dijadiin OP pas praktikum Fisiologi. Nah soal ini dulu pernah gue publish di blog, tapi setelah ngebaca-baca ulang gue mutusin narok di draft lagi karena gaya tulisan gue yang nyablak banget khas anak remaja (cie). Sekarang masi rada ngasal sih nulisnya, tapi better daripada 3 tahun yang lalu haha..

*brb nyari postingan tahun 2009 yang dimaksud
*nahh ketemuu
*as u know, di postingan itu juga bersifat nostalgia tentang cerita jilbab itu
*oke, jadi begini ceritanyaa :D

judul: am i that crazy??? 

Gila taik babi tekotek tekotek dipinggir kali lalalalalalala (gila ya lo?), ckckck...
Eh hari ini sangat sangat asik ya! (asik darimana orang dari tadi keringetan bolak balik mulu sama si zacky)
Ngemeng apa yak bagusnya?
Ow yah gue punya quote favorit yang gue dapet dari temen gue,
“PUTRI LO APA APAAN GILA LO YA!”
Itu satu.
”YAOLOH INI LO NGAPAIN LO GILA YA!”
Itu dua.
Dan ini yang ter-update dan paling ekstrim:
”GUE TAO LO CAKEP BAIK HATI, APALAGI PAKE BAJU AKHWAT KAYAK GITU. SO SWEET, TAPI BUAT GUE TETEP AJA LO TUH GILA!”
Yayaya, gue emang udah gila TAPI gak segitunya kali!
Biasa aja napa, orang Cuma pake baju gamis sama jilbab lebar doang kok. Dan gue gak berniat buat bunuh orang dengan pakaian gue yang asoy ini.
Wait, lo pake jilbab lebar melambai itu ngapain puttttttt???
Yaa gitu deh ya, gue kalah taruhan sama Atri. Ck!
Taruhan apaan put?
”ITULOH TARUHAN BEGO2AN NILAI SAPA YANG PALING TINGGI SEJAGAD RAYA!” (gak usah respon!)
Tp gpp deh itung2 nambah pahala.
Nggg kalo dipikir2 kok gue jadi sering denger teman2 gue bilang ”PUTRI LO NGAPAIN LO GILA YA?” gitu ya? Apa gue emang sakit jiwa seperti yang banyak dituduhkan orang2 tak bertanggung jawab itu? Ato jangan2 gue mempunyai 2 kepribadian yang mana gue gak sadar apa yang dilakukan kepribadian gue yang satu lagi ketika gue berkepribadian normal? (apa sih muter2)
Bermula dari gue makan sambel bakso gitu doang, salah kostum kalo pergi ke pesta, ngakak2 garing ketika gak ada yang lucu, dan mendadak bermurung durja ketika yang laen ketawa (apadeeh). TAPI GUE GAK GILA! (membela diri).
Ya udahlah kita lupakan sadja masalah itu.
Btw jadi keinget peristiwa kurang lebih 9 bulan lalu ketika emak gue melahirkan gue. Yang dicoret gak usah baca ye!
Jadi gini awalnya,
Alkisah di sebuah kampus terbaik se-Indonesia dengan nomor urut 1 di luar Pulau Jawa dan nomor 13 se-Indonesia (UNAND), dan di sebuah jurusan yang bergerak dalam bidang medis (YOO AYOO, AYO EFKAA UNAAND, KUINGIINN EFKA UNAND JAYAA. EFKA! EFKA! EFKA! --> ini yel yel fakultas gue pas ospek universitas aka BAKTI 2007, wkwkwk), tersebutlah seorang mahasiswi yang cantik jelita dengan NPM 07 121 0** bernama Rahmadini Putri *apaaaaacoba deskripsi gue alay banget*. Hari demi hari dilalui mahasiswi itu dengan keterpurukan, kelebay-an, dan ketololan yang amat sangat karena dia tidak pernah memimpikan untuk masuk ke jurusan tersebut *lahh lo bego, ngapain juga ngambil jurusan itu pas SPMB*.
Apa sajakah yang diperbuat oleh mahasiswi tersebut?
  1. pergi ke kampus dengan mengenakan sandal jepit, celana jeans, dan baju kaos yang nyata2 dilarang sama peraturan kampus (yeahh peraturan dibuat buat dilanggar kan? Campus rocccccckkks)
  2. pergi ke kampus hanya untuk dengerceramahdosen-gosip-makan-pulang, ato kalo dosennya gak killer yaa dudukduduk-gosip-makan-pulang ato kalo gak ada dosen yaa gosip-makan-pulang
  3. jarang nyatet apa intisari pelajaran dengan harapan teman2 yang lain udah nyatet
  4. ujian gak pernah menghafal, kalopun menghafal itu lebih karena gak bisa nyontek
  5. pemalas ampun2an, memfotokopi slide kuliah hanya untuk dipajang di lemari, dan bolos kuliah kalo bisa di TA-in temen
  6. pacaran tiap hari hurahura belanja lalala
  7. nonton berpuluh2 vcd tiap weekend (kalo gak pulang kampung)
  8. ikut acara rohis gitu (dalam rangka magang organisasi) dan memakai baju+jilbab kaos yang nyata2 dianggap tabu dan layak untuk diperbincangkan disana *ow, mulai lebay*
  9. mengganggu orang2 rajin belajar, kususon di kost-an. FYI, di kosan gue itu anak fk semua dan amat sangat rajin belajar karena gak mau mengecewakan ibu kos yang sangat care kepada anak2 kosnya.
  10. kalo praktikum, sangat berfungsi sebagai toa, pengganggu dan penggembira sampe dijuluki bang zul sebagai BCL (boco aluih), dan gue manggil bang zul BJL (bang jul). Harusnya dulu gue sadar kalo itu gak fair!
  11. dan seterusnya terserah anda...
Intinya gitulah, kerjaan gue cuma hepihepi hulahula bolobolo aja.
Ada beberapa hal yang terkenang oleh mahasiswi itu, pertama ketika beliau belajar anatomi dimana pada semester 2 diadakan praktikum yang melibatkan cadaver alias mayat (helow, glad to see u again my old friends!). dikarenakan mahasiswi tersebut adalah orang yang sangat higienis dan dalam praktikum tersebut gak boleh pake sarung tangan, maka beliau merasa ilfeel. Jadi gitu deh, kalo bisa bolos beliau akan bolos. Dan kalo terpaksa hadir, ada beberapa hal yang beliau lakukan:
  1. beliau pura2 menjadi orang sotoy di depan teman2nya dengan bilang, ”Ooo ini musculus cutaneus, ooo ini intestinum itu ya, ooo ini glandula lacrimalis itu ya, eh eh yg di deket bahu itu apa namanya? Musculus sternocleidomastoideus kan?”, trus langsung ngibrit begitu dosennya menghampiri beliau.
  2. beliau sms-an sama cowoknya (waktu itu) dan janjian sepulang praktikum.
  3. beliau pura2 buka sobotta, sok2 serius sampe sang dosen masuk ke ruang kerjanya lagi. Kemudian mahasiswi itu ngibrit keluar dan ngecengin anak pendidikan dokter yang baru pulang tutorial. GAK LAHH... Cuma ngegosip doang kok. Cie ngeles zz
  4. ketika mahasiswi tersebut berniat balik lagi ke labor, beliau melihat dosennya udah balik ke labor lagi.      Lalu sang mahasiswi menyelinap masuk.
  5. lalu mahasiswi itu bacot2 sotoy dan cabut pulang ketika sang dosen kembali masuk ke ruang kerja (untuk yang kesekian kalinya).
  6. Dan yang kedua, adalah ketika praktikum fisiologi yang saat itu berjudul elektrokardiogram (EKG) dimana akan ada sedikit pertunjukan dada kepada pemeriksanya (teman sekelompok). Peraturannya gini, kalo ada anggota kelompok yang cowok, yg jadi OPnya (orang percobaan) ya cowok itu. Dan kelompok gue *jangan protes, udah cape pake sudut pandang ketiga* beruntung banget sekelompok sama cowok, tapi ni cowok rese banget (dally, maafin akuh). Dia ngotot harus ada OP cewek, jadilah kami keder karena gak mau ditunjuk dosen jadi OP. Bermula dari hal ini, maka sang mahasiswi tersebut melakukan hal gila. Yaitu memakai baju kegedean ala akhwat dan jilbab lebar melambai (untuk pertama kalinya). Temen2 gue yang ngedandanin pada ngakak abis2an liat gue kayak gitu. Pas di labor, anak2 pada takjub ngeliat gue. Beberapa ada yang bilang hamdalah karena dia mikir gue udah tobat. Daaaaan akhirnya gue berhasil gak jadi OP. Tapi gue sebel ampun2an karena seharusnya gak pake baju gitupun gue juga gak bakal jadi OP. (FYI, dosen gue bilang cukup 1 aja yg jadi OP). Ih wow, strategi putri hebat mantep ya. Ckckck
Yahh menilik hal2 bego yang gue lakukan di atas, panteslahh kalo pagi ini, jam 9 pagi dimana mata orang2 belom sepenuhnya melek, mereka seperti melihat hantu ketika melihat gue dengan baju islami apakek dan teriak histeris,
“PUTRI LO APA APAAN GILA LO YA!”
Astaghfirullah...
Back to Top