Ctrl Z

Seorang teman, kita sebut saja Ferdi, kemarin malem galau berat dan nge-BBM gue.

Ferdi : "Gue galau.."
Gue : "Trus hubungannya sama gue?" *ga pengertian banget :p
Ferdi : "Si Gia (ceng-cengan Ferdi) barusan nge-BBM, dia mau tunangan abis lebaran.."
Gue : "Wakakak. Dijodohin pasti?" *malah ngetawain -_-
Ferdi : "Iya dijodohin.."
Gue : "Trus si Gia mau?"
Ferdi : "Tau ah.. Dunia serasa berhenti.."
Gue : "Trus lo bilang apa ke dia?"
Ferdi : "Gue cuma bisa balas 'Serius?' doang.. Trus katanya iya"
Gue : "Jadi rencana lo apa?"
Ferdi : "Ya gue besok mau nemuin dia, gue mau kepastian. Kalo emang dia ada perasaan ke gue, ya gue perjuangin.."
Gue : "Plok plok plok.. Gue heran yahh sama cowok, giliran udah kayak gini baru deh gerak.."

Sebenarnya sih panjang, tapi gue skip ke intinya langsung, hehe. Jadi ceritanya udah beberapa bulan ini si Ferdi pdkt gitu sama Gia, temen satu kantor dia. Ferdi ini kayak yang terbutakan cinta gitu, dikit-dikit Gia, Gia begini begitu lah, Gia pake baju ini itu lah, bahkan percakapan-percakapan mereka yang ga penting disampein semua ke gue sampe gue bosen dengernya, hahaha. Ferdi udah beberapa kali ngasi sinyal mau nembak tapi si Gia kayak jinak-jinak merpati, dideketin dia terbang, dijauhin dia mendekat. Di kantor mereka pun, Ferdi dan Gia ini jadi bahan ceng-cengan pegawai lain, bahkan bos mereka. Udah beberapa kali gue bilang ke Ferdi buat nembak Gia biar status mereka jelas, tapi Ferdi bilang dia ragu, abisnya tiap mendekat si Gia nya malah ngejauh, jadinya Ferdi agak sebel dan ikutan jual mahal.

Mungkin kemudian Gia ngerasa kesepian juga yah, akhirnya dia deh yang ngedeketin Ferdi balik. Ferdi-nya happy dan mutusin mau ngasi semacam kejutan. Dia nanya ke gue bagusan dikasi apa, jadi gue nemenin dia nyari mug yang ada tulisan "I Love You" gitu buat gelas minum dia di kantor. Pasca dikasinya mug itu, hubungan mereka semakin dekat, tapi masi belom jadian karena si Ferdi ga nembak-nembak. Ferdi takut kalo selama ini dia cuma kegeeran aja soal si Gia yang juga suka sama dia, ya gue marah-marah lah, at least kalopun nantinya Gia nolak kan Ferdi jadi tau perasaan si Gia ini sebenarnya gimana.

Dan yahh, telat.

Mungkin Gia ngerasa digantung, atau Gia emang tipikal nurut sama orang tua, atau calon tunangan si Gia ini emang lebih worth it dibanding Ferdi, yang jelas Ferdi jadi galau berat.

Ferdi : "Gue pernah 'nembak' secara ga langsung di BBM. Kalo emang dia nolak gue, kenapa responnya ga berubah pasca itu. Malah perhatiannya makin menjadi-jadi ke gue. Pas dia bilang dijodohin dan mau tunangan tadi, dia sambil nangis.."
Gue : "Cian bedh.. Lo tau darimana dia nangis? -__-a"
Ferdi : "Ya dia pake smile-smile gitu.."
Gue : "Sapa tau dia make smile-smile gegara kesenengan, hahahaha!"
Ferdi : "Sialan lo!"
Hahaha. Gue emang bukan temen yang baik yah, bukannya prihatin malah ga berhenti-berhenti ketawa. Yeaaa FYI aja, ketika gue juga lagi ada masalah dalam relationship gue, gue cenderung abai sama curhatan tentang relationsip orang. *egois. Eh tapi hari ini gue jadi kasian sama si Ferdi deh, beneran.. Kebayang aja galaunya kayak gimana, padahal mau ngeprospek si Gia buat dijadiin istri lohh, bukan sekedar pacar.. o.O

Gue : "Eh, misal yahh, lo bilang kan mau perjuangin dia nih.. Emangnya lo bisa gitu misal ortunya si cewek ngedesak lo nikah dengan deadline misal tahun depan? Soalnya kalo udah urusan jodoh-jodohan bukannya orang tua ga suka ya digantung.."
Ferdi : "Ah ga tau gue, liat besok aja gimananya.."
Gue : "Ga suka banget gue sama jawaban 'Liat besok aja gimana', kesannya kayak ga niat"
Ferdi : "Hahahaha gimana dong.."
Gue : "Gue serius nanya loh.. What if, gimana kalo ternyata yang dijodohin sama si Gia itu emang lebih dari lo? Bukan dari segi tampang dan materi lah ya, lo kan juga udah kerja jadi materi oke lah. Maksud gue, gimana kalo sifatnya lebih mature dari lo?"
Ferdi : "Ah siap ga siap, gue harus siap lah pokoknya.."
Gue : "Well, good luck then.."

Sebenarnya pertanyaan gue ke Ferdi itu juga merupakan kegelisahan gue. Di umur yang udah hampir seperempat abad, urusan jodoh mulai jadi perhatian orang tua gue. Terlebih cewek-cewek seumuran gue udah pada nikah. Di jorong tempat tinggal gue (well, di tempat gue make sistem kenagarian. Bisa dibilang semacam desa kalo di provinsi lain, nah tiap nagari ada jorongnya, semacam dusun gitu deh. Di jorong gue ini, anak-anak cewek angkatan gue udah nikah semua. Gue doang yang belum haha. Gue takut fakta itu bikin orang-orang mulai rese; keluarga / tetangga mulai nanya-nanya dan ortu gue kepikiran ngejodohin gue, atau malah orang lain yang minta anaknya dijodohin sama gue -_-. Yahh untungnya abang gue yang nomer dua belum nikah sih, jadi sementara gue masih bernapas lega karena ortu belum rese ngurusin gue.

Iya, gue emang punya pacar. Tapi gimana kalo ternyata pacar gue masi belum nunjukin tanda-tanda keseriusannya untuk ngeprospek gue sebagai istri sampe tahun depan? Gimana kalo ortu gue mulai bete dan mulai ikut campur, dan gue berada di posisi kayak si Gia karena merasa digantung? Belakangan gue kepikiran kayak gitu mulu dan jadi gampang sensi, bahkan gue ga gitu mikirin skripsi lagi karena mikirin hubungan gue kedepannya. (alesan doang sih kalo ini, gue ga gitu mikirin skripsi karena peraturan baru di kampus gue yang ga ngebolehin anak konversi wisuda dalam satu tahun ajaran, F***!). Gue jadi gampang galau kalo udah mikirin hal-hal macam : gimana kalo ternyata pacar gue ga sesayang yang gue kira, atau ternyata dia ga sesayang yang dia kira, dan gimana kalo ternyata nantinya dia emang pasrah-pasrah aja dan ga memperjuangkan gue? Gimana kalo ternyata hubungan ini ga seserius yang gue atau dia kira? Bukan, gue bukan kebelet nikah sih. Eh iya ding, tapi kan cuma sekian persen. Hahaha.

Hmm kayaknya gue emang dilanda krisis seperempat abad yah ini.. *malu

Kemudian gue ikutan galau. Gue bisa ngerasain kalo ada di posisi Gia, walaupun ini beda sikon yah.. Gue juga bisa ngerasain ada di posisi Ferdi, pasti nyesek dan sakit banget rasanya orang yang kita sayang dan nyaris ada di 'pelukan' kita ternyata malah mutusin sama orang lain. Gue cuma bisa menyayangkan, kenapa Ferdi baru mau gerak ketika udah "kejepit"? Kenapa ga dari awal aja Ferdi bilang dia sayang sama Gia? Siapa tau keadaan bisa berubah kan?

Waktu terus berjalan dan lo cuma bisa nyesel misal keadaan ga sesuai dengan harapan lo. Kalo emang lo cinta, perjuangkan dan buat dia percaya kalo lo emang worth it untuk itu.

Because life has no Ctrl + Z. Fear is stupid and so are regrets.


XOXO.
Back to Top