Telkomsel Yang Menyebalkan!

Selama ini gue memakai kartu Tri dalam mengakses internet, maklum deh pengangguran berstatus mahasiswa sehingga gue harus menekan pengeluaran seirit-iritnya, abisnya gue malu kalo minta ortu karena:
1. Ortu gue pelit
2. Seharusnya gue udah kerja dari 3 tahun yang lalu (tapi nyatanya masih aja kuliah, masih S1 pula) HAHAHA *malu.

So, jadilah dengan uang jajan 100ribu (exclude bensin dan beli makan malem) yang dijatahin untuk dua minggu, gue harus pinter-pinter menghemat duit. Sukurnya gue ga punya banyak temen disini dan ga gitu suka hang-out sehingga duit gue kehemat-hemat untuk sesekali makan enak, haha.

Biasanya sih gue beli perdana Tri yang udah termasuk kuota, harganya sekitar 45 ribu dengan kuota 5GB dan masa aktif satu tahun. Gilee, murah banget kan? Kuota reguler sebanyak 5GB itu biasanya abis dalam waktu 2-3 bulan kalo cuma untuk browsing-browsing dan sesekali streaming, untuk download-download gue biasanya pake paket yang kenyang download dari jam 12 malem sampe 6 pagi, cuma 10ribu untuk 2,5GB. --> ngiklan ceritanya

Nah beberapa bulan yang lalu, operator kesayangan gue ini berulah. Ga ada angin ga ada ujan jaringannya mendadak jadi sangat-sangat-sangat-sangat lemot, and it sucks. Ngabisin batre, ngabisin waktu, dan ngabisin stok kesabaran gue. Awal-awal gue masi sabaaar banget, tapi kesabaran gue ga dihargain. Si Tri semakin semena-mena mentang-mentang gue diemin. Yasudahlah gue udah ga kuat, jadi gue ninggalin si Tri dan mulai gonta-ganti operator, mulai dari XL sampai IM3. XL dan IM3 ini lumayan ngebut sih, tapi bulanan (ga kayak Tri yang tahunan), huhuhu, udah gitu di kamar gue jaringannya agak-agak parah gitu, maksimal cuma dapet 2 bar kalo di 3g. Berhubung hp gue waktu itu masi Galaxy Fit yang ga ada settingan 3g only, si jaringan berpindah-pindah dari 2g ke 3g seenaknya, seringnya malah stay di 2g sehingga gue kesel dan ninggalin mereka juga.

Setelah itu gue berkenalan dengan Simpati Loop, keluaran Telkomsel yang merajai pasar telekomunikasi Indonesia. Ckckck keren yah? Gue ngiler dengan paket Loopnya yang seharga 50 ribu dengan kuota Midnight 11 GB yang bisa dipake dari jam 12 malem sampe 12 siang, dan kuota Flash 600 MB serta Flash 3g 600 MB yang dipake mulai dari jam 12 siang sampe 12 malem. Gue ngelobi-lobi bokap buat nambahin 20ribu untuk pulsa internet gue, si bokap setuju dan akhirnya gue pake lah paket Loop ini. Weisss berasa banget bedanyaaa, ga ngebut-ngebut amat sih tapi kalo download lumayan ngebut, jauh beda lah sama si Tri yang suka bikin stres. Apalagi sejak gue ganti hp baru, berasaaaa banget enaknya pake Simpati Loop. Akhirnya gue tersenyum bahagia, tapi kantong gue menangis :/

Udah beberapa bulan ini gue make Simpati Loop. Gue jarang ngedownload, tapi sekalinya download bisa sampe gigaan. Itulah kenapa kuota midnight gue bisa terakumulasi sampe 20 gigaan tiap isi ulang.

Buset gue intermezzo panjang amat haha.

Lanjut. 
Jadi ngeliat kuota yang melimpah itu, gue kepikiran ngedownload film-film random. Ga browsing dulu buat nyari tau filmnya bagus apa engga.

- Tanggal 2 Juli pagi, sisa kuota midnight gue 15198 MB, dan 100 MB Flash. Pagi itu gue ngedownload film 3,7 GB, selesai jam 11.46 . Plus browsing mungkin sekitar 4 GB lah ya..
- Tanggal 2 Juli malem, kuota Flash 100 MB gue abis gegara streaming siang-siang -__-. Karena masa aktif hampir abis jadi sekalian aja gue beli paket lagi 50 ribu yang 12 GB sehingga total kuota gue jadi 600 MB Flash, 600 MB Flash 3g, dan 22534 MB Midnight
- Tanggal 3 Juli pagi, gue ngedownload 2 GB-an, selesai jam 11.41
- Tanggal 5 Juli pagi, gue ngedownload 437 MB, plus browsing sekitar 500 MB-an. Selesai jam 11.54.

ini nih asal muasalnya

Disini masalahnya.

FYI, jam komputer gue = jam telkomsel = jam di televisi. 
Dan in case lo lupa, kuota midnight berlaku jam 12 malem sampe 12 siang. Dan "pagi" yang gue maksud, sebelum jam 12 siang.

Tanggal 5 Juli pagi sebelum download :
- kuota Flash 3g = 400an MB *lupa tepatnya
- kuota Flash = 600 MB
- kuota midnight = 20047 MB

Gue download pake tethering, setelah gue selesai download jam 11.54, gue langsung nyabut kabel USBnya. Kemudian gue dapet sms jam 12.02 dari telkomsel kayak gini :

Lah lah lah?? Kok yang abis malah kuota reguler gue yang diambil dari Flash dan Flash 3g dengan total 500an MB?? Gue langsung nelpon ke CS telkomsel. Pertama gue nyoba ngubungin 155, tapi ga masuk-masuk, trus setelah jam 12.10 berhasil masuk, ternyata gue salah nomer. Buat berbicara dengan operator, nomornya 188. Gue langsung nge-dial Contact Center jam 12.11 dan nanyain kuota reguler gue yang raib dimana saat itu seharusnya masih pake jam kuota midnight.

skrincut bukti gue nelpon jam berapa
Gue jelasin lah sama tuh CS yang ngomongnya dipanjang-panjangin, diulang-ulang, nanya ga penting dan lamaaaaaaaa banget baru selesai satu kalimat sampe gue ngantuk sendiri. 

----------- Kurang lebih begini ya -------------

Tanggal 5 Juli pagi setelah download : 
- kuota Flash 3g = 0 KB
- kuota Flash = 480 MB
- kuota midnight = 19529 MB
WTF gue rugi 1 GB!!!
Dimana seharusnya kan :
- kuota Flash 3g = 400an MB
- kuota Flash = 600 MB
- kuota midnight = 19529 MB

Trus gue ulang cek lagi, jadinya gini :
- kota Flash 3g = 0 KB
- kuota Flash = 480 MB
- kuota midnight = 20047 MB

Ini kenapa bertukar-tukar gini sikkk!!! Nih screenshotnya :
skrincut kalo sistem telkomsel labil

Pokoknya inti masalahnya adalah : KENAPA DI JAM KUOTA MIDNIGHT YANG KEPAKE MALAH KUOTA REGULER GUE?????

500an MB itu kalo pake Tri reguler duitnya 35 ribu loh
Trus kalo pake As 25-50ribu loh (kalo ga percaya cek aja noh di websitenya)
BODO AMAT DIBILANG PERHITUNGAN! GUE KAN EMANG BELOM NYARI DUIT SENDIRI WEEKKK!!!

Kemudian setelah penjelasan yang bikin mulut gue berbusa-busa dan melibatkan urat leher gue yang tegang gegara marah karena si CS ga nangkap-nangkap inti masalahnya, akhirnya si CS ngerti juga maksud gue dan berjanji akan melimpahkan masalah ini kepada pihak yang terkait, dan hasilnya diberitahu 3x24 jam.

Kemarin siang, ada sms dari telkomsel ngasi tau kalo tiket complain gue udah selesai. Gue langsung buru-buru ngecek kuota dan nelan kecewa karena ternyata kuota gue ga nambah T___T. Berhubung gue males denger suara CS yang bikin emosi sendiri, gue menghubungi CSnya via twitter.
min,aku pk loop 12gb (50rb),kmrn selesai donlot jm 11.54 tp kok yg kpake mlh kuota reguler, hrsnya kan midnight?
aku udh tnya k cs, nomor tiket 250140847, td dpt sms tiket udh selesai. Tp kuota reguler aku blm balik jg min :/

Trus dibales :
Malam, Putri. Lokasinya di mana nih? -Marco
Infoin nomornya via DM agar kami bantu cek. -Maudi

oke udah aku DM min. jam 00-12 kan hrsnya pk kuota midnight min, ini mlh reguler yg kepotong :'(

Oke, kami cek dulu DM-nya ya. Tunggu balasan DM-nya. -Robi

Ini CS yang ngehandle masalah gue banyak juga yah *berasa artis mehehehe. 
Trus gue DM-an nih ya ceritanya sama mas Marco dan mba Ina

KEANEHAN PERTAMA

KEANEHAN KEDUA

iy mz eno iy,,,,ak kan ud ok-in sm mz marco.huftt~


Trus gue bete dooong sepanjang DM-an, jadi kerjaan gue nyampah di twitter.

Well. Sama aja sih di DM sama ngomong langsung di 188,
SAMA-SAMA BIKIN EMOSI. SEBELUM DIJELASIN BERULANG-ULANG CS-NYA GA BAKAL NGEH SAMA APA YANG DIMAKSUD
*cubit gemes mas marco

By the way lo baca deh DM gue, ada keganjilan kan ya?
1.  Keanehan pertama.
"Kami cek laporannya, penggunaan data sudah sesuai. Penggunaan data 3G sebesar 700Mb, melebihi kuota paket 600Mb."
-->> Iya mas, iya.. Yang saya masalahin kenapa pemotongannya kuotanya ga sesuai. Saya kan selesai internet jam 11.54 yang harusnya itu masi kuota midnight -__-. Misalnya nihh ya, kesalahan di gue, katakanlah jam gue ga sesuai, anggap aja lebih lama 10 menit dari jam telkomsel. Berarti gue selesai download 12.04 kan? Jadi kuota reguler gue dipotong nih ceritanya. Tapi masa iya dalam 4 menit gue bisa download 700an MB?? DEWA BANGET SPEEDNYA QAQAAA!
2. Keanehan kedua
"Di data kami yang terkena kuota 3G itu untuk akses di jam 12.42.32, artinya sudah melebihi batas pemakaian kuota midnight."
-->> Lah?? Jam 12.42? Jam segitu kan gue udah ga make internet di laptop lagi, cuma di hp doang, dan gue ga ngaktifin update otomatis (kalopun aktif, ngupdate apaan di hp yang sampe 700 MB?? -__-). Kemudian gue teringat sesuatu, perasaan tanggal 5 itu gue cuma download satu film dan browsing doang, masa sih gue browsing sampe 300MBan? (Filmnya cuma 437 MB), barusan gue iseng ngecheck pemakaian kuota gue pada tanggal 5 Juli, dan lihat apa yang gue dapet :
Hayoloh cuma 545 MB!
Hayooooooo... Itu 700an MB darimana pulaaa. Orang gue cuma make data 545 MB, dan di tethering 510 MB, sisanya 35 MB gue pake browsing. Hayoloh telkomsel :3

Jujur gue kecewa nih sama telkomsel yang cenderung abai sama keluhan pelanggan. Harusnya sih operator seluler mengubah mindset bahwa kesalahan selalu ada di pihak pelanggannya, it's not good loh ya.. Emang sih kerugian ga seberapa, tapi mentalnya itu loh mbok ya ditanamkan gitu kalo suatu waktu sistem bisa salah, mbok ya ksatria gitu mengakui kesalahan :))

*curhatan seorang pengangguran berstatus mahasiswa yang kesal kuotanya dirampok

Back to Top