Punthuk Setumbu : Pesona Magelang Rasa Myanmar

Kemana rencana liburan kamu di penghujung tahun ini? Jika kamu berencana mengunjungi Yogyakarta, sempatkanlah untuk singgah ke Magelang, sekitar 50 KM dari pusat kota Jogja. Bicara Magelang, mungkin Candi Borobudur akan langsung terngiang di kepala. Wajar memang, karena Candi Borobudur adalah salah satu warisan kebudayaan dunia. Namun ternyata, daya tarik Magelang bukan hanya sebatas Candi Borobudur saja. Ada beberapa spot menarik yang bisa dilihat disana, dan yang akan saya ceritakan ini adalah spot sunrise di Punthuk Setumbu.
Candi Borobudur
Menurut hasil telusuran di google, Punthuk Setumbu terletak di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553. Konon kabarnya, Punthuk Setumbu adalah spot terbaik untuk menyaksikan sunrise alias matahari terbit. Dari puncaknya kita dapat melihat Candi Borobudur yang tertutup kabut dikejauhan. Ada yang bilang pemandangan disana membuat kita serasa berada di pegunungan di Myanmar. Saya rasa ungkapan itu tidak berlebihan. Ingat film AADC 2? Nah, Punthuk Setumbu merupakan salah satu lokasi shooting mereka yang bikin penonton baper loh..

Punthuk Setumbu

Tidak perlu pagi-pagi buta berkendara kesana karena banyak rumah-rumah penduduk yang dijadikan penginapan disekitar. Saya sendiri tidak menginap disana karena malam sebelumnya saya dan teman-teman masih menghabiskan waktu di kawasan Malioboro, Jogjakarta. Saat itu saya berangkat ke Magelang sekitar pukul 04.00 subuh dengan menyewa mobil. Jalanan relatif lancar karena masih dini hari, namun agak tersendat ketika sampai di kawasan Pasar karena aktivitas jual beli sudah mulai berjalan. Tidak lama kita sampai disana dan langsung menuju loket yang sudah buka sejak pukul 04.00 subuh. Disana kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 15.000,- per orang. 

FYI, untuk mencapai puncak dibutuhkan waktu pendakian sekitar 20 menit, yang berarti kita harus mendaki maksimal 20 menit sebelum matahari terbit.

Pemandangan di Puncak Punthuk Setumbu. sumber

Bagaimana? Tertarik kesana? 


Disclaimer:
Tulisan ini dibuat dalam rangka Bimbingan Teknis Pembuatan Blog bagi Aparatur dan Masyarakat di Provinsi Bengkulu. #BimtekBlogDiskominfotikBKL



Back to Top