Cinta Dunia Maya?

Just asking, lo percaya ga sih sama cinta dunia maya?

Bukan, bukan long distance relationship sih. Sama-sama terpisah jarak emang. Maksud gue nih yang lo belum pernah ketemu sama dia. Tapi lo, kalian, ngerasain something special satu sama lain. Katakanlah semacam perasaan sayang, pengen ngelindungin, pengen meratiin, kesel, cemburu, dan sebagainya.

Gue sih ga percaya yah. Cinta pada pandangan pertama aja gue ga percaya.  Yang dipostingan ini sih biar gue dapet novel aja huahahah. Emang ada beberapa kisah yang gue baca kisah mereka berakhir happy ending, tapi ga sedikit juga yang berakhir sedih.

Ini yang mau gue ceritain.

Temennya temen gue, kita sebut aja namanya R. R ini gadis yang pinter, cantik, kaya, bisa dibilang perfect lah. Banyak cowok yang ngedeketin dia buat diprospek jadi pacar, tapi R nolak. Alasannya, dia udah punya cowok dan dia udah serius banget sama cowoknya.

Cewek cakep dan pinter dan kaya kayak R udah punya cowok, kedengarannya sih biasa yah. Pertanyaannya sekarang, siapa sih cowok yang beruntung mendapatkan hatinya R?

Dan cowok itu adalah Y, pemuda asal Kalimantan-something
Dan mereka belum pernah ketemu
Dan selama ini mereka cuma telponan, smsan, video call
Dan kalo lo nanya kenapa mereka ga pake YM atau FB atau sosial media lainnya, nanti gue ceritain lagi.

Jadi R ini pacaran sama Y udah hampir 4 tahun, sejak R baru semester 1 kuliah, dan mereka jadian berawal dari sms nyasar. Kalo kata temen gue sih, sejak awal jadian ga pernah sekalipun R tertarik sama cowok lain. Yang ada diotaknya ya Y, Y yang begini lah, Y yang begitulah. Mereka makan bareng di video call, ditemenin tidur lewat telpon, solat, belajar, pokoknya kegiatan sehari-hari lah. Y anaknya supeeerrrr perhatian, ga heran lah R selalu ngebangga-banggain cowonya walaupun mereka belum pernah ketemu.

Lucunya, sama mama papa R pun Y ini udah deket, mereka sering telfonan kalo R lagi telfonan, udah kayak calon mantu lah. Malah Y ngejanjiin kalo R udah tamat Y bakal ke kota R buat ngelamar R (saat itu mereka udah pacaran 3 tahun).

R ini juga nuruuuut banget sama Y, misal R bilang mau ke suatu tempat, kalo Y ngelarang pasti dia beneran ga ikut walaupun toh sebenarnya Y ga akan tahu. Gitu juga dengan sosial media. Waktu itu tahun 2009, jaman FB lagi in in nya dan teman-teman R pada bikin akun FB. R dipaksa teman-temannya bikin akun, tapi berhubung Y ngelarang, R nurut sama Y dan ga mau bikin akun FB sampe dicap cupu oleh teman-temannya, tapi R ga peduli. Menurut dia alasan Y ngelarang bikin akun FB tuh masuk akal, biar IP ga turun gara-gara fesbukan melulu, trus biar R ga flirting-flirting, Y bilang ga ada gunanya bikin FB. Ga penting.

Sekitar tahun 2011, R lagi nyusun skripsi dan semakin excited karena ga lama lagi Y datang buat nemuin dan ngelamar dia, dia juga udah ngomong sama orang tuanya jauh-jauh hari soal Y ini dan orang tuanya pun ikut deg-degan karena ga lama lagi bakal nyambut calon mantu dari pulau seberang.

Berhubung info-info penting kayak jadwal, pengumuman, bimbingan, dan sebagainya pada jaman itu masi hangat-hangatnya pake FB, R terpaksa bikin akun FB mendadak untuk mengetahui info terbaru dan ga bilang dulu sama Y. Dan sebagaimana newbie sebuah media sosial, R kecanduan dan hobi banget ngurusin FBnya, sekedar bikin status, upload foto, atau ninggalin komentar di status temannya, atau chat dengan teman-teman yang udah lama ga ketemu. Seiring dengan itu pula R ga begitu intens lagi komunikasi sama Y, R lagi sibuk bikin skripsi (dan fesbukan) sedangkan Y ada di posisi ‘ngertiin R’ dengan ga sering-sering mengusiknya . Dan itu bikin R semakin bersyukur punya pacar yang pengertian dan juga perhatian sama kesibukannya.

Suatu hari R iseng nyari nama lengkap Y di FB, dan ternyataaaaa....... Y punya akun Facebook! Dan yang bikin R kaget adalah, status relationship Y ternyata udah bertunangan sama cewek (fbnya ga diprivasiin), foto profilnya semacam lagi lamaran gitu memperkuat semuanya. (Inget kan R sering video call sama Y, jadi tau lah ya muka Y gimana). Di tengah kepanikan dan kekagetannya, R ngirim inbox ke tunangannya Y dan ngomong kalo R udah pacaran sama Y hampir 4 tahun. Inbox itu ga dibalas, namun beberapa hari kemudian Y mengirim sms ke R dengan kata-kata kurang lebih kayak gini :
“Maafin aku R, aku udah tunangan disini. Aku ga nyangka kamu terlalu menganggap hubungan kita serius, aku harap kamu ngelupain aku dan nyari pria yg pantas buat kamu”

Brengsek ga sih????

R mencoba menghubungi nomor Y tapi nomor itu ga aktif lagi. Begitu pula ketika R mencari akun Y, akunnya udah ga ada lagi. Lo bayangin aja gimana stresnya R, skripsinya sampe terbengkalai sehingga dia harus nunda wisuda ke periode berikutnya. Empat tahun lohh dia setia,sementara itu si cowok mungkin udah beberapa kali pacaran disana. Parah! Dan begitulah, empat tahun kisah cinta R berakhir tragis.

Ini gue ga ngerti, R yang terlalu naif atau gimana, tapi kalo gue jadi R, gue ga bakal nurut mentah-mentah lah sama cowok yang Cuma gue kenal di dunia maya. Gue sendiri  pernah beberapa kali ditaksir dari pria di dunia maya, beberapa akhirnya sempat ketemu, dan beberapa lagi engga.

Dan sejujurnya, gue ga percaya misal gue jadian sama seorang cowok dari dunia maya tapi belom pernah ketemu sama sekali (I mean cuma lewat foto doang), itu cowok bakalan tetep sama sikapnya ketika udah ketemu sama gue. Gue kan cantik dan imutnya di foto doang, asyiknya di chat dan telpon doang, huahahah. Gue sih lebih percaya sama kata sayang yang terucap setelah ngeliat aslinya gue (fisik, sikap, whatever). Tapi ya setiap orang kan beda-beda yah.. Hehe gue masih menghormati lo yang bisa jatuh cinta sama seseorang dari dunia maya kok.. Mungkin gue aja yang terlalu sinis -___-a.

Aniway, selamat menjalankan ibadah puasa yah. Gue sendiri lagi ga puasa. Period. Dan gue lagi flu (haha ‘glad’ to see u again my old friend, setelah 9 bulan ga kena flu, akhirnya gue tepar juga dari semalem dikunjungin sama si flu ini -__-“), dan jangan lupakan perut dan pinggul dan badan gue kram gegara period. Lengkapppp sudahhh!

Back to Top