Aku dan Sahabatku

“Cc, jangan lupa ya nanti kuliah jam 8.”
“Cc, hari ini kita ga masuk. Cc udah aku absenkan :)
“Cc kapan nih kita ngerjain tugas pak X?”
“Cc nanti kita makan-makan ya..”
“Cc....”

Demikian sms demi sms setiap hari selalu memenuhi inbox gue. Dia, “sahabat” gue itu, namanya R, gue kenal dia sekitar 4 tahun lalu, ketika gue pertama masuk kampus ini.

Di mata gue, R adalah cowok yang supel, ramah, cerewet, aktif, dan selalu keliatan ribet. Dia selalu terburu-buru kalo ngelakuin sesuatu, sering nyeritain hal yang sama berulang-ulang, hobinya nyengir dan heboh sendiri, kalo minum kayak udah ga minum 40 tahun, dan ciri khas dia kalo sms itu selalu lebay dan panjang banget . Gue lupa gimana awalnya gue deket sama R, mungkin karena R dulunya temen deket sama T, temen se’geng’ gue di kelas. Dia manggil gue Cc, stands for Cincaah, panggilan kesayangan gue dan Cc sahabat gue, dan gue ga masalah dipanggil gitu sama R, malah gue juga manggil dia Cc.

Hubungan gue dan R seperti love-hate-relationship. Well, bukan cinta semacam cintanya orang pacaran yah. Gue lumayan deket dalam hubungan pertemanan, misalnya makan bareng, curhat bareng, ke kampus bareng, ke fotokopian bareng, kondangan bareng, sampai-sampai gue dibilang pacaran sama dia padahal gue udah punya pacar, haha. Namun gue juga benci karena dia dan segala keberuntungannya di bidang akademis, I mean, dia deket sama dosen dan dia deket sama teman sekelas gue yang pintar dan beruntung (beruntungnya gue bold disini) sehingga nilai dia otomatis juga terdongkrak.

Setamatnya kami di prodi sebelumnya, gue, A, dan R mutusin lanjut di kelas ekstensi, dan si teman sekelas yang pintar dan beruntung itu mutusin buat kerja dulu. A dan R kemudian menjadikan gue sebagai ‘sahabat’ sekaligus partnernya dalam hal akademis, dan begitulah gue selalu membantu mereka dalam setiap tugas dan ujian, teori maupun praktikum karena A dan R adalah anak yang ga begitu pintar dalam bidang akademis. However, walaupun seringnya jalan bertiga, tetep aja kemana-mana gue lebih sering berdua dengan R, bukannya gue ga punya teman, tapi gue males punya temen baru. Alasannya sederhana, gue capek direcokin kalo ada tugas dan ujian. Ngurusin R dan A aja gue udah pusing banget. Hehehe

Nah tiap gue bikinin tugas R, atau nyontekin tugas sama R, atau nyontekin ujian sama R, R selalu ngerasa berhutang budi dan ngajak gue makan atau nemenin gue ke toko bakery buat sekedar beliin gue bakery. Gue ga enak sejujurnya, tapi R selalu maksa buat bayarin padahal gue udah bersikeras bayar pake duit gue sendiri. Karena R selalu memaksa, gue ya senang-senang aja. Sampe disini mungkin lo berpikir hubungan kami ini seperti simbiosis mutualisme. Sama-sama menguntungkan bagi kedua pihak. Di satu sisi akademis R terjamin, di sisi lain perut gue terjamin.

Tapi apakah suatu ‘persahabatan’ harus berdasar simbiosis mutualisme? What if, seandainya salah satu pihak ga bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh pihak lain?

Dan ini kisah gue.

Hari itu, Minggu, gue UAS Pemrograman Web. R disebelah kanan gue dan A disebelah kiri gue. Ujiannya sih simpel yah, bikin satu buah form yang kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan ada button buat edit dan hapusnya, databasenya juga cuma 1 tabel. Gue bilang ke A buat ngikutin gue. A ini........  *facepalm. Kalo R itu orangnya sangat sangat peduli dengan kuliah dan nilai tapi minus dalam bidang akademik, A ini orangnya sangat-sangat ga pedulian; udah ga ngerti pelajaran, suka bolos, dan pengennya diingetin ini itu, padahal pacar juga bukan -__-. Jadi pas ujian itu, dosen gue keluar sehingga orang bisa bebas nanya-nanya. Gue liat R kayaknya lancar-lancar aja ngerjain soalnya. Sementara A bener-bener bikin facepalm, sehingga gue mutusin ngasi tau A.

Yang namanya orang lagi ujian, ditanya-tanya, dan setelah dijawab si penanya malah ga ngerti kita ngomong apa, itu bikin gemes banget kan? Konsentrasi jadi terganggu banget, mending kalo ternyata itu program jalan, nah kalo ga jalan gegara konsentrasi keganggu tadi? Bawaannya pengen matahin kepala si penanya! Itu yang terjadi dengan gue dan A. Program gue ga jalan gegara A nanya-nanya mulu, akhirnya gue jadi ngomel-ngomel sendiri, ngomelin A, dan ngomel-ngomel sendiri lagi. Apalagi setelah gue ngeliat R santeee banget kayaknya ngerjain punya dia.

Sambil ngomel-ngomel sendiri gue ngoding ulang karena gue pusing kalo ngeliat kodingan gue salahnya dimana, dan finally jalan. Lega karena kodingan gue jalan, gue nanya sama A progressnya udah sampe mana? Dan ternyata A masi belom ngerjain sama sekali -__-. Gue jadi kasian sama A, lalu gue kerjain ujiannya dia dan jalan (tombol hapusnya ga jalan tapi sudahlah itu aja udah lumayan banget).  Ga lama kemudian R teriak “Yes, selesai!”. Gue langsung menoleh ke komputer dia dan yang tampil baru nama-nama file dalam folder localhostnya. Sedikit geli gue bertanya sama R, “Itu udah kamu jalanin satu-satu emangnya R?”. “Lah emangnya harus dijalanin satu-satu ya?”, tanya R.

Ya iyalah -__-, tau darimana tuh isi form masuk ke database kalo ga dijalanin dulu.

Kemudian R menjalankan programnya dan ternyata ga jalan sama sekali, dan dia mulai panik kayak dia yang biasanya. Gue lalu ngeliatin kodingannya satu persatu dan ternyata super berantakan. R ini ngasal banget bikin kodingan dengan merubah kodingan sebelumnya yang pernah ada di latihan, mending kalo ngerti apa yang diubah, ini R ga ngerti apa yang dia ubah sehingga dia ngasal aja ngasi nama di kodingan dia. Beberapa menit kemudian kodingan R udah dirubah total tapi tetep ga jalan, R mulai panik dan gue tetep berusaha nyari salahnya dimana, tapi ga ketemu. Ada kali 15 menitan gue periksa file nya satu persatu, tapi kalo tetep ga ketemu salahnya dimana, bukan salah gue lagi kan?

Waktu ujian berakhir, dan R cuma berhasil menjalankan fungsi simpan.php nya, gue yang masi penasaran salahnya dimana bergumam, “Sumpah aku penasaran itu kodingan kamu salahnya dimana..”, dia Cuma bilang “Ya udah gimana lagi..”, dan tau-tau ninggalin gue dan A di lab. Gue mulai ngerasa aneh, biasanya kan dia selalu nungguin kami. Saat itu juga gue sadar, R ngambek. Gue sama A sih cuma senyum-senyum aja, cowok kok ngambek, dan ngambeknya gara-gara ga dikasi tau ujian. Hahahaa. Kemudian gue turun dan papasan lagi sama R, tapi R pura-pura ribet dan pura-pura ga ngeliat gue dan A. Oke, terseraah.  Gue pulang dulu nungguin jam berikutnya, dan A stay di kampus.

Lalu ketika gue balik ke kampus lagi, A cerita pas gue balik itu dia ke kantin dan ketemu R, R ngomong gini ke A,
“Tadinya aku mau minta tolong sama Putri. Tapi ngeliat kamu dimarah-marahin sama dia, aku jadi males. Makanya tadi aku diam aja dan berusaha ngerjain sendiri"
Oh man, gue kan udah berusaha ngasi tau lo juga. Jadi yang menit-menit terakhir itu ga lo itung ya? Trus kenapa yang gue marahin si A, yang ngambek malah elo? --a

Nah A ngebelain gue nih ceritanya, gue lupa A ngomong apaan. R yang ga mau disalahin malah ngomong kayak gini :
“Aku ga seneng sama Putri tuh, kalo di sms dia suka balasnya sengak aja, padahal kan aku bener ngomong dia tuh sahabat aku” à gimana ga dibalas sengak kalo sms dia kayak gini :
“Cc, kamu adalah sahabatku yang paling baik dan cantik. Aku ga tau gimana nih caranya ngebalas kebaikan kamu. Bla bla bla bla. Btw kapan nih kita ngerjain tugasnya Bapak X?”
Gue bales gini, “Ga usah lebay deh. Terserah lah kapan maunya..”. HAHAHA

Ini gue doang apa gimana, jujur gue ga suka sms lebay kayak gitu. Bukannya gue jadi tersanjung apa gimana, yang ada gue jadi ilfeel. Langsung aja kalo emang ada keperluan, ga usah muji-muji dulu. Wajar aja kan kalo gue kesel? Dan itu, adalah sms dia beberapa hari sebelumnya, sementara sebelum kita ujian dia masi bersikap kayak biasa. Misal dia ga seneng dengan cara sms gue yang kayak gitu, kenapa baru pas ada masalah ujian web itu dia baru ngomong ke orang? Lucu kaan?

Tapi sebenarnya gimanapun dia nyari-nyari kesalahan gue buat membenarkan dirinya, inti masalahnya tuh satu : dia marah karena ujian webnya ga jalan.

Jadi apa benar dia menganggap gue sahabat? Tapi sahabat macam apa yang jika keinginannya ga terpenuhi, dia bakal musuhin kita karena dia udah telanjur traktir-traktir atau baik-baikin kita? Ini gue dianggap sahabat apa partner bisnis sih? Partner bisnis setidaknya masi punya kesepakatan. Lah gue sama dia ga ada kesepakatan macam “Lo ngasi tau ujian, gue traktir lo sepuasnya” gitu. Lalu tiba-tiba semacam ada keharusan buat gue ngasi tau ujian dia, dan harus jalan, dan kalo ga jalan, we are not friend anymore karena-selama-ini-gue-udah-'baik'-sama-elo. Sepicik itukah arti persahabatan buat dia?

That’s why gue susah melabeli seseorang adalah sahabat gue, padahal gue udah deket bertahun-tahun. Bukan dia doang sih. Banyak. Gue udah mengalami fase datang dan perginya sahabat di kehidupan gue. Buat gue persahabatan itu sangat mahal, dan gue ga minder mengakui jumlah sahabat gue bisa dihitung dengan jumlah jari yang ada dalam satu tangan.

Lalu apakah persahabatan harus simbiosis mutualisme?

Well, lemme give u a capture of my draft. Draft ini bercerita tentang hubungan gue dan salah satu sahabat gue, Cincah. Ini gue ketik udah setahunan yang lalu dan belum gue post saking susahnya gue menggambarkan apa yang pengen gue bilang secara kata-kata dan ujung-ujungnya gue cuma bisa ngedit sedikit postingan dari cc. Hahaha

Lihat gue dan Cc, ini sih simbiosis parasitisme! Gue yang untung, Cc yang rugi hahaha :D

Kembali ke R tadi.

Ini udah hampir 1 bulan kita ga teguran, kalo ngeliat gue dia sengaja berputar arah atau pura-pura bersikap seolah gue ga ada di dekat dia. Gue sebenarnya sih ga gitu peduli yah. Yang bikin gue agak kesel itu, orang-orang yang nyampein pesan ke gue via dia, dia ga pernah ngasi tau ke gue, sedangkan orang-orang yang nyampein pesan via gue ke dia, gue sampein ke dia. Karena gue ga pernah ngerasa punya masalah sama dia. Kalo dia ngerasa bermasalah sama gue, well itu ya masalahnya.

Satu lagi, setidaknya gue merasa berutang budi sama dia. Dia ada dan ngehibur gue ketika gue lagi sakit-sakitnya pasca putus. At least, itu yang bikin gue ga gitu-gitu benci sama dia. Hahaha.
Back to Top