#childhood : Part 1 (Ketakutan)


Gue memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap beberapa hal, dari kecil sampe sekarang. Belum bisa dibilang paranoid sih, tapi cukup membuat orang-orang heran kenapa gue sebegitu parahnya takut sama hal/orang tersebut. Berikut hal dan profesi yang gue takutin dari kecil sampe sekarang :

1. Dokter dan Bidan
Gue takut banget sama dokter. Dalam bayangan gue seorang dokter kemana-mana membawa suntik yang sangat besar, kalo kata bokap sih namanya suntik gajah. Gue paling anti deh ketemu dokter, sayangnya waktu kecil dulu gue cukup sering sakit, entah itu demam, pilek, batuk, atau kombinasi ketiganya T.T. Hmm rasa-rasanya gue inget alasan utama kenapa gue takut dan benci banget sama dokter, jadi waktu itu (gue lupa umur berapa), gue yang selalu riang cerah dan ceria ini sakit dan dibawa ke dokter. Setelah diperiksa dengan stetoskop, amandel gue diperiksa dengan semacam stik (setelah gue kuliah medis dulu gue tau namanya depressor lidah, yang fungsinya buat ‘menurunkan’ lidah sehingga dokter bisa memeriksa tonsil dengan jelas), alat itu membuat gue mual dan berasa pengen muntah. Gue trauma. Berulangkali ortu nipu gue dengan alibi pengen ngajak jalan-jalan ketika gue lagi sakit, untungnya gue terlalu pintar untuk mengiyakan ajakan mereka. Masa sih lagi sakit diajak jalan-jalan, iya kan?:p. Ortu mulai nyerah. Jadi ketika gue sakit, nyokap konsultasi sama dokter dan menjelaskan bla bla bla yang gue derita, kemudian si dokter ngasi obat berdasarkan cerita nyokap.
gambar diambil disini

Pokoknya sejak peristiwa mual dan hampir muntah itu gue jadi takut banget sama dokter, semua dokter, termasuk adek-adek bokap gue yang dokter. Gue ogah main ke rumah bako (keluarga besar bokap) pas lebaran karena gue takut diperiksa, gitu juga sebaliknya, kalo mereka lagi silaturrahmi ke rumah keluarga gue, gue bakal sembunyi atau kabur lewat jendela.

Anehnya, gue ga takut disuntik. Pas SD kan jaman tuh suntik-suntikan yang di tangan lah, paha lah, gue selalu jadi yang pertama disuntik karena ‘yang juara satu disuntik duluan untuk percontohan -___- ‘. Gue lebih takut sama stetoskop, entah kenapa dibayangan gue stetoskop itu bisa membuat orang jadi mati.
Oh iya, waktu kecil gue punya temen akrab namanya Dela, dia anak bidan di kampung gue. Hampir tiap hari gue kerumahnya, otomatis gue deket dengan nyokapnya dong ya. Makan disana, nginep disana, gitu-gitu deh.

Suatu hari gue demam tinggi. Nyokap Dela yang kebetulan mau nyuci (tempat nyuci umum ngelewatin rumah gue) dipanggil sama nyokap dan disuruh nengokin gue. Gue yang mendengar mereka bercakap-cakap langsung mengunci semua pintu dan jendela, lalu teriak-teriak ngusir nyokapnya Dela saking takutnya gue diperiksa dengan stetoskop. Padahal dia ga bawa peralatan apa-apa selain cucian loh -____-

Gue juga punya pengalaman buruk dengan dokter gigi. Waktu kecil gue punya gingsul di kiri atas. Gue malu karena dikatain ‘gigi tonggeng’ (a.k.a gingsul) oleh teman-teman sekelas. Gue pulang sekolah dengan tersedu-sedu (lebay) dan bilang ke nyokap kalo gue pengen si gigi tonggeng ini dicabut. Nyokap mengiyakan dan membawa gue ke dokter gigi yang paling bagus di Bukittinggi. Gue memberanikan diri dan ngelawan rasa takut gue pada dokter dengan sugesti ‘setidaknya dokter gigi kan ga punya stetoskop’. Ahh andai gue kecil tau kalo punya gingsul saat ini adalah hal yang membanggakan dan membuat senyum seseorang tambah cantik, ga bakalan deh gue cabut gingsulnya.. Huh, nyesel!

Oke, sampailah ditempat praktiknya si dokter. Gue dibius pake semacam es yang disemprot ke mulut itu loh, gue ga mau disuntik. Jaman gue kecil belum ada es yang pake rasa-rasa kayak stroberi, melon, dsb itu, eh mungkin ada tapi gue ga tau :p. Ketika es itu disemprot, gue ngerasa nelen alkohol! Dokternya ngasih intruksi kalo mau nelen, telan aja. Tapi gue takut mati kalo nelen esnya. Akhirnya gue mati-matian ngebiarin ludah gue menggenang di mulut sampe mata gue berair (lo bayangin aja ga nelan gitu gimana tersiksanya). Ketika akhirnya si gingsul berhasil dicabut, gue ga ngerasa apa-apa, gue pulang dengan riang karena besoknya temen-temen ga bakal bisa ngatain gue ‘gigi tonggeng’ lagi, tapiiiiii beberapa saat kemudian efek biusnya abis dan gigi gue sakiiiiitttttt minta ampun. Akhirnya gue bersumpah kalo gue ga bakalan mau menginjakkan kaki, ataupun diperiksa oleh dokter lagi.

Sayangnya cerita belum berakhir. Beberapa tahun lalu, gue diterima kuliah di sebuah PTN, dan semua mahasiswa baru diwajibkan ikut tes kesehatan. Gue galau dong. Maju mundur daftar ulang karena takut sehingga pacar gue (waktu itu) ngebujuk-bujuk gue supaya mau tes kesehatan dengan bilang :
Dia : Masa gitu aja kamu takut?
Gue : Aku takut sama stetoskop..
Dia : Nanti kan kamu bakalan megang stetoskop terus -_-
Gue : Aku takut ah
Dia : Rasanya kan dingin doang -_-
Gue : Pokoknya aku takut!
Dia : Gimana kamu bisa deket sama papa mama nih kalo gini? (fyi, ortu dia dokter)

Akhirnya setelah perdebatan panjang gue mau juga daftar ulang. Ambil berkas, bla bla bla., dan kemudian tes kesehatan! Gue disemangatin trus buat masuk ke kamar periksa, gue minta ditemenin tapi ga boleh sama dokternya (yaiyalah -__-), dan ketika stetoskop itu menyentuh gue, gue berasa mual dan pengen nangis sampe-sampe dokternya bilang “Kamu jangan takut, santai aja..”. Parah. 

Dan ternyata gue gak mati [!!!], gue masi sehat sentosa bahkan setelah beberapa praktikum yang melibatkan stetoskop toh gue ga kenapa-kenapa. Haha. Namun ketakutan gue akan dokter kayaknya masi ada sampe sekarang, bahkan walau gue udah ngambil kuliah di bidang lain :p

2. Tukang Urut
Namanya juga anak kecil, pasti kerjaannya lari-larian, manjat, atau lari-larian sambil manjat (loh). Dulu gue seriiing banget jatuh, entah itu main sepeda lewat turunan lepas tangan dua-duanya (gue emang bakat akrobat), manjat pohon ga kesampean ngeraih dahannya, lari-larian dan kepeleset, dan sebagainya. Malah ketika luka yang satu belum kering, eee dapet lagi luka baru, sehingga nyokap langganan ngebawa gue ke tukang urut.

Gue ngeri banget sama tukang urut. Kombinasi wanita tua dengan bau ruangan yang aneh (bawang dan minyak entah apa), dan pijatan yang sangaat sakit membuat gue berpikir kalo si tukang urut ini adalah penyihir. Pernah suatu hari jalan gue ga bener karena jatuh, gue berusaha menyembunyikan dari ortu. Tapi tetep ketahuan karena gue jalan lebih pelan dan agak tertatih dari biasanya. Jadi ortu mengajak gue “jalan-jalan”, gue mengiyakan karena gue pikir ortu ga tau kalo gue abis jatuh. Di jalan, bokap keceplosan nanya ke nyokap abis mijit gue mau kemana lagi. Gue kaget dan nanya emang ini mau kemana. Nyokap terpaksa bilang mau ke tukang urut, dan gue mengancam keluar dari mobil kalo emang ke tukang urut. Bokap mulai naik darah dan bilang kalo emang mau keluar silakan. Tanpa pikir panjang gue ngebuka pintu mobil yang lagi jalan sehingga bokap ngerem mendadak dan sekeluarga takut dengan kenekatan gue. Sukses lah ga jadi diurut, yeayy!!!

Ada lagi satu tukang urut yang ngeri, ga tau apa dia masih hidup apa udah meninggal. Namanya Buyuang Karambia (buyung kelapa), karena rumahnya deket kebun kelapa. Waktu itu gue jatuh lumayan parah sampe ga bisa jalan. Sepanjang jalan ke Payakumbuh (sekitar 30 kilo dari kampung gue, Bukittinggi), gue meronta-ronta pengen pulang, sayang gue ga bisa gerak T___T. Sesampainya disana gue diurut oleh si Buyuang dan percakapan berikut ini terjadi,
“Baranti!!!! Kalo ang masi mauruik, den suruah pap den nembak ang! Apap den urang bagak!” (“Berhenti! Kalo kamu masi ngurut, saya suruh papa saya nembak kamu. Papa saya preman!”)
“Bialah!” (“Biarin!”  ini anak kecil malah dilawan sama dia)
“Apap den punyo badia, den tembak ang!!!” (“Papa saya punya senapan, saya tembak kamu!”
“Aden punyo lo badia!” (“Saya juga punya senapan!”)
-__________-

Percakapan itu masi sering diulang-ulang oleh nyokap. Hahaha. Oh iya, gue masi takut sama tukang urut loh sampe sekarang *malu

3. Tukang Jahit
gambar diambil disini

Gue paling takut diukur-ukur pake meteran tukang jahit. Dalam bayangan gue, meteran itu bisa melilit gue dan gue bakalan mati tercekik. Entah dapet inspirasi dari mana. Tiap kali mau bikin baju, nyokap kewalahan nyuruh gue ke tukang jahit buat ngukur pola karena gue selalu kabur. Atau gue bilang ngukurnya pake baju yang dulu-dulu aja, hahaha. Kalo sekarang sih kayaknya gue ga gitu takut lagi ya, cuma kadang rada risih aja kalo tukang jahitnya ngukur lingkar dada. Hahahahaha canda.


4. Ayam dan Angsa

gambar diambil disini

Ini ada sejarahnya. Waktu itu gue mau main ke rumah sepupu. Gue lewat jalan pintas. Ternyata ada ayam yang baru beranak, eh anaknya baru menetas ding. Gue deketin tuh ayam, eeee ternyata induknya ganas banget dan langsung nyerang gue T___T. Alhasil tangan gue dipatuk dan gue dapat kenang-kenangan dari si induk ayam celaka. Sejak itu gue takut banget sama ayam, apalagi ayam yang baru punya anak. Hiii...

Gue juga takut banget sama angsa. Gara-garanya waktu SMP gue pernah dikejar angsa stres, dia berhasil menggigit rok SMP gue. Salah apaa coba gue sama angsa :'(

5. Pesantren
Ini ketika gue kelas 5-6 SD. Gue pengen banget sekolah di SMP Xaverius karena menurut gue itu keren banget. Tapi ortu gue sangat-sangat ga setuju, jadi gue sering nyolot-nyolot ke ortu. Suatu hari keluarga gue mau berwisata ke Danau Singkarak, kami ngelewatin satu pesantren dan tiba-tiba bokap bilang, “Nanti tamat SD kamu sekolah disini..”, sontak gue langsung histeris dan nangis kejer.Buat gue pesantren adalah tempat yang angker, hidup bagaikan penjara, kamar diteralis biar ga bisa kabur, kemana-mana ngantri, banyak aturan dan sanksi, bangun jam 4, ga boleh pulang kampung, ga boleh ketemu ortu, setidaknya itulah gambaran yang gue dapet dari temen-temen gue (yang juga entah dapet deskripsi dari mana). Yahh pokoknya selama masa-masa akhir gue sekolah di SD, ortu selalu ampuh memberi ancaman “Nanti sekolah di pesantren” kalo gue mulai bandel dan banyak ulah.

Err apalagi ya. Lupa. Kayaknya segini dulu deh, ntar kalo kepikir diupdate lagi. Ciao!

Back to Top