Mari Nge-hack!

Hari Minggu kemarin gue kuliah dengan dosen yang juga pakar IT di kepolisian (kalo ga salah). Si dosen (kita sebut aja Bapak P) memberikan materi sebagai kisi-kisi UTS minggu depan. Materi kuliahnya sebenarnya menarik, berkisar pada kasus penyadapan dan hacking, serta cara membaca sidik jari dan melihat kode yang terlindung dengan menggunakan stick forensik (kalo ga salah lagi :p).

Gue sangat menikmati materinya dan sesekali memuji kecerdasan Bapak P dalam hati ("Ini nih baru dosen!") sampai ketika dia mempraktikkan ngehack sebuah website. Bapak P membuka situs universitas H, melihat struktur organisasi universitas tersebut, lalu mematikan infocus dan 'mengetikkan sejumlah perintah' (infocus dimatiin supaya kita ga bisa liat cara Bapak P ngehack "karena ini sangat berbahaya!"), kemudian Bapak P menyalakan kembali infocus dan taraaaaaaaa struktur organisasi universitas H telah berganti rektornya dengan nama Bapak P. 

WOW, KEREN!!! (iya keren, tanda serunya aja ada tiga).

Gue mendengar decak kagum dan ketawa ngikik dari teman sekelas gue. Beberapa ada yang bertanya "Itu ke-save ga pak? Kalo kita akses sekarang gimana?", Bapak P bilang:
"Jangan di save lah.. Nanti kasian adminnya. Lagian kan nanti di cpanel itu ada data-data apa saja perubahan terakhir yang dilakukan.. Bla bla bla..".

Teman-teman gue mengangguk dan terkagum-kagum.

Kemudian Bapak P nge-close situs tersebut dan membuka facebook. Dia mengklik salah satu facebook dosen yang paling killer di kampus gue (kita sebut saja Ibu U), melihat page "about", dan kembali mematikan infocus. Ga sampe 2 menit Bapak P kembali menyalakan infocus dan taraaaaaaa, data pribadi Ibu U berubah, dari yang awalnya nomor hpnya dicantumkan, berganti menjadi "Rahasia Coyy". Teman sekelas gue kembali ketawa dan menggumam-gumam kagum.

Tapi gue nggak.

Gue mulai merasakan keanehan demi keanehan yang terjadi dan mulai menemukan pencerahan atas apa yang dikatakan "ngehack" oleh Bapak P:
1. Gue ga tahu ya berapa lama yang dibutuhkan seorang hacker untuk ngehack sebuah situs, tapi menurut gue untuk ukuran seorang hacker yang sangat profesional, ngehack situs sekelas situs universitas pasti membutuhkan waktu lebih dari 2 menit.
2. Kenapa ketika Bapak P nge-close halaman situs universitas H yang struktur organisasinya udah diganti itu ga muncul notifikasi semacam "Do you want to save the change?" atau apaa gitu? Okelah misal notifikasi itu bukan disana melainkan di halaman adminnya, masalahnya di browser Bapak P itu gue ga ngeliat adanya halaman admin atau cpanel di tab nya, which means, kalo emang perubahan itu dilakukan melalui cpanel berarti halaman situs itu kan udah ke-save karena udah di-close (RIBET JELASINNYA WKWKWK). Berdasarkan apa yang dilakukan Bapak P (ngeclose tanpa ada notifikasi), berarti halaman itu udah ke-save dong. Tapi Bapak P bilang belum (iya emang belum, karena........................ *nanti gue jelasin).
3. Ketika Bapak P ngehack facebook Ibu U dan mengganti nomor hpnya dengan kata "Rahasia Coyy", gue semakin ngerasa aneh.

Lihat gambar ini :
Ini dari facebook gue, gue nyoba ganti nomer hp dengan kata "Rahasia Coyy"

Kemudian gue save dan muncul notifikasi ini :

"The phone number is invalid"? 

Kenapa invalid? Ya iyalah, karena mobile phone itu kan tipe datanya berupa angka, jadi ketika kita masukkan huruf ya mana bisa. Gue juga udah nyoba masukin angka random, hasilnya masih invalid, ketika gue masukin angka berupa nomor hp (0822xxxxxx, 0853xxxxxx) data berhasil disimpan. Logikanya, angka yang random aja belum tentu bisa di save, apalagi data yang berupa huruf? Nah lohh..

Dan keanehan ke empat, ketika jam pelajaran berakhir Bapak P langsung ngeclose halaman facebook Ibu U dan mematikan laptop, (which means halamannya udah ke-save dong), tapi ketika gue mengakses facebook Ibu U, datanya masi sama seperti sebelumnya (nomor hape, bukan kata "Rahasia Coyy").

Kemudian gue sampe pada satu kesimpulan : Bapak P pura-puranya melakukan 'hacking' ketika infocus dimatiin, tapi sebenarnya yang dia lakukan adalah mengedit teks dengan menggunakan insp*c* el*m*nt.

Dengan cara yang sama, gue bisa ngeganti nomor hp di facebook random dengan tulisan "Rahasia Coyy"
Before :
Setelah gue 'hack':


Gue mau ngasi contoh ngeganti struktur organisasi yayasan gue tapi takut dituntut wkwkw, jadi gue contohin 'ngehack' blog sahabat gue aja ya.. *ampun cul*
Before :

After :
Tuh liat, jenis tulisan dsbnya sama kan, bukan photoshop loh inii..
By the way, in case lo mau ngunjungin blognya Nova, klik aja disini, kali aja lo butuh info dan motivasi kuliah di luar negeri. Hehehe.

Kemudian di akhir jam pelajaran, Bapak P menantang kami sekelas :
"Siapa yang bisa ngehack website, atau facebook aja deh yang agak mudah, akan saya kasi nilai A dan ga usah masuk lagi di mata kuliah saya, dan yang berhasil ngehack website akan saya kasi program #$@#$@ (lupa nama programnya), facebook/websitenya saya yang tentukan!".

Gue tersenyum diam-diam. Rasanya gue dan anak di kelas gue ga bakal ada yang mampu. Saat itu rasanya gue pengen protes atau bertanya dan nuntasin keingintahuan dan ketidakpuasan gue, tapi toh pada akhirnya gue cuma diam dan mendengar suara berisik teman-teman sekelas yang bilang mereka ga akan bisa.

Jujur, gue kecewa.

Tapi yah tetep aja, ini cuma asumsi gue dan gue udah berpikir negatif. Ahh mudah-mudahan apa yang gue pikirin ini salah dan Bapak P bener2 ngehack waktu itu. Mungkin suatu saat gue akan memberanikan diri bertanya kepada Bapak P dan membujuk2nya untuk menunjukkan garis besar cara ngehack suatu website :'). Dan mudah-mudahan Bapak P ga nyasar ke blog ini dan membaca keskeptisan gue terhadap beliau. Hehehe.
Back to Top