Sereem (Part 1)

Gue yakin banget kampus gue ada "penghuni"nya. Let me tell you;
1. Pas ngospek, ada sekitar 5 orang yang kesurupan di lantai 5 (lapangan futsal). Jadi ceritanya hari itu ada "simulasi", acara ngerjain junior dengan cara senior pura2 berantem. Ini basi, tapi tetep terbukti bikin junior ketakutan dan nangis dibentak2, disirem2, dan disuruh nunduk sama panitia yang lagi berantem. Nah, pas lagi puncak2nya berantem tau2 ada yang teriak2, kirain ngapain, taunya kesurupan. Dan itu bukan cuma peserta aja (asumsi kami pura2 kesurupan), tapi juga panitia ikut kesurupan -__-
2. Pas di aula, briefing terakhir panitia ospek, itu udah hampir magrib. Si panitia yang tadi kesurupan dan udah tenang, mendadak kesurupan lagi pas kami lagi diskusi. Dia teriak2 ga jelas dan ketakutan kalo pintu aula dibuka. Jadinya kami tertahan sementara di aula karena matanya serem banget ngawasin orang yang mau keluar.
3. Ga tau sih ini hantunya apa, tapi di kelas 3.8 (bekas kelas anak akbid), dosen gue pernah ngingetin kalo jangan sekali-kali berada di ruangan itu sendirian, apalagi kalo ngelamun. Sudah banyak kejadian disana. Kejadian apa? Gue juga ga tau.
4. Pernah ya, pas semester 2 kelas gue masuk malem di sebuah mata kuliah. Dan suasana kampus gue kalo malem tuh asli serem. Jadi temen gue ada yang bilang, pas mau naik ke lantai 3 (ruang kuliah), di lantai 2 dia ngeliat kayak kepala gitu di ruangan deket tangga. Kami nuduh dia ngarang2 cerita, tapi dia bilang "Potong kuping gue kalo gue boong." Baru anak2 pada percaya.
5. Nah yang gue alamin sendiri, di lab 4 pas lagi praktikum. Kalo gue lagi duduk di kursi yang 'itu', gue sering banget dengar suara orang (setan?) nangis di sudut belakang gue, nangisnya terputus-putus gitu. Seringnya kedengeran pas kelas gue lagi ribut, dan brenti sendiri pas agak dieman. Trus ga lama kemudian tau2 kedengeran lagi. Nangisnya panjang pendek gitu, susah jelasinnya. Serem deh. Jadi gue udah praktek sekitar 4 kali deh di lab itu. Praktek pertama gue denger, tapi gue cuekin. Praktek kedua, gue tanya orang ga ada yang denger. Praktek ketiga, gue pindah meja ke ujung kiri ga denger apa2. Praktek ke empat, bejok duduk di samping gue dan pas suara itu kedengeran gue langsung tanya bejok, bejok bilang ga ada apa2. Gue tanya ayu dan manda yang disebelah gue katanya juga ga kedengeran. Ini kuping gue yang bermasalah atauuu....

Tapi ngomong-ngomong soal kejadian aneh, sebenarnya percaya atau nggak, gue bisa dipastikan menggigil tiap lewat kuburan atau rumah kosong, tapi pilih-pilih juga yang mana, ga semua rumah atau kuburan. Memalukan kadang, lewat kuburan atau rumah kosong panas2 pas naik mobil atau di motor, gue bisa aja menggigil hebat pas tanpa disadari lewat tempat yang "rada-rada". 

Oh ya, gue mau nyeritain pengalaman gue pas SMA. 

Jadi, dulu gue punya hp 3200 yang ngerekam suaranya cuma bisa 1 menit. Gue lagi hobi-hobinya nyanyi dan ngerekam suara gue disana. Nah, suatu siang gue ngerekam suara. Pas rekamannya udah 1 menit, gue puter ulang. Anehnya, detik pertama sampe ke delapan ga ada suara apa-apa. Gue pikir ini hapenya rusak, tau2 pas detik ke sembilan kedengeran suara orang ngorok, eh bukan, lebih ke kayak harimau menggeram lah suaranya, gue dengerin trus dan sampe detik ke 32 tiba-tiba rekamannya mati. Gue yang belum sadar ada yang aneh, dengan santainya menghapus rekaman itu dan nyanyi-nyanyi lagi, kali ini emang suara gue yang keputer.

Gue juga udah lupa sama kejadian itu sampe beberapa hari kemudian gue iseng ngerekam suara gue lagi.  Masih siang, Kali ini backsoundnya kaset ngaji2 dari mesjid (rumah gue cuma 10 meter dari mesjid). Gue nyanyi-nyanyi disahutin suara orang ngaji (kapir). Pas muter rekamannya, kejadian beberapa hari lalu itu keulang lagi. Cuma kali ini diemnya cuma sampe detik ke tiga, trus kedengeran lagi suara menggeram. Ga ada suara gue maupun suara orang ngaji yang terekam. Gue yang mulai sadar apa yang terjadi langsung stop playing dan menghapus rekaman itu. Oke, ini mistis.

Gue nanya ke om cung (adeknya mama) dan ayah ton (adeknya papa), yang dua-duanya ga melulu mikirin soal real karena tiap gue nanya ke ortu gue mereka cuma bilang itu cuma sugesti. Dan om gue bilang emang bisa aja itu "inyiak" (sebutan untuk harimau jadi-jadian di Sumatera Barat). Gue oh-oh aja.

Ngomong-ngomong om cung, gue mau nyeritain kisah beliau ngeliat "sesuatu" di rumah kontrakannya yang lama di Pekanbaru. Rumah itu rumah lama, lantainya papan, ruangannya gelap, kamarnya kalo ga salah ada 4 berjejer, dengan kamar paling depan itu terkunci. Kalo kata pemilik kontrakannya kamar itu dijadiin gudang. Gue sendiri pernah nginep disana pas liburan, dan suasana rumah itu emang beneran serem. Apalagi jalan menuju kamar mandinya, gelap coyy.. Gini nih beberapa cerita dia (sebenernya banyak, tapi dia cuma cerita beberapa),
1. Pas pertama kali pindah, om gue belum ngebawa istri dan anaknya. Mereka nyusul beberapa hari kemudian karena masih ada urusan yang harus diselesaikan. Jadi om gue tidur di kamar nomor 2, karena kamar utama dikunci. Nah pas mau tidur, om gue nyium bau wangi yang aneh banget, karena ga tahan sama wanginya dia keluar kamar dan tiduran di ruangan TV sambil membuka pintu kamarnya supaya wangi itu keluar. Setengah jam kemudian om gue masuk lagi ke kamar dan tau2 kecium lagi wangi itu, berhubung udah ngantuk banget, om gue masa bodo dan milih meremin matanya. Beberapa menit kemudian, antara sadar dan nggak, tiba-tiba dari dinding kamar utama yang dikunci itu keluar dua bocah, laki-laki dan perempuan, berlari berputar-putar sambil ketawa-ketawa ngelilingin kamar om gue tidur, mukanya ga keliatan jelas (yang keliatan cuma bagian samping), om gue cuma meratiin karena dia mikir dia lagi mimpi. Lalu tiba2 om gue ngeliat deket pintu ada ibu2 berdiri (tetep yang keliatan cuma sampingnya), dan anak-anak itu mendadak menghampiri ibu itu dan nunjuk2 om gue sambil bilang, "Usir dia.. Usir dia.." *Anjrit serem. Om gue yang mulai sadar, langsung ngebaca ayat2 dan ga lama kemudian ibu dan dua bocah itu menghilang
2. Ini pas om gue udah ngebawa istri dan anaknya. Pas anak2nya lagi sekolah dan om gue lagi ngerjain pesanan emas (istilahnya "mamasak ameh" kalo di Minang), tante gue pergi ke kamar mandi. Pas dia lagi mandi, dia ngeliat bayangan berjalan mondar-mandir di bawah pintu kamar mandi (pintunya ga sampe ke bawah banget), tante gue matiin air dan teriak "Papa ya?", tapi ga ada jawaban. Tante gue ngidupin air lagi dan mandi. Tau2 kedengeran bunyi langkah kaki mondar-mandir lagi, merasa itu suaminya, tante gue mikir kalo om gue mungkin juga pengen ke kamar mandi, jadi tante gue mempercepat mandinya dan keluar. Di luar, dia ngeliat om gue masih "mamasak", dan nanya tadi om gue ngapain balik2, kenapa ga dipanggil aja. Om gue bilang kalo daritadi dia masih disana, ga kemana2. Tante gue mulai parno dan om gue yang tau apa yang terjadi sebenarnya, bilang kalo di rumah itu emang ga ada apa-apa dan berusaha ngeyakinin tante gue kalo suara yang dia denger itu dari tetangga sebelah. 
3. Tengah malam pas lagi tidur, tiba-tiba anak om gue yang nomor 2, si revan, bangun dan mendadak keluar. Om gue nanya mau kemana, si revan bilang ada yang manggil dia ngajak main. "Liat jam berapa sekarang, jam 1 malem. Sapa yang mau ngajak kamu main? Udah sana tidur!". Revan nurut dan tidur lagi. Tapi beberapa hari kemudian si revan kayak gitu lagi. Bedanya kali ini om gue juga denger suara bocah yang manggil2 revan dan ngajak revan "main". Tapi om gue berhasil mencegah revan yang sepertinya pengen banget keluar.
4. Pas gue liburan disana, gue lagi tiduran di kamar sama kakek dan almh nenek gue ketika tiba-tiba tante gue masuk kamar dan nangis2 manggil kakek gue. Ternyata si Rafif (anaknya yang pertama), kesurupan dan ngomong aneh2 dengan suara yang sama sekali berbeda (kata om gue mirip dengan suara bocah yang masuk ke kamar dia dulu) sambil nunjuk-nunjuk tante gue. Syukurlah ga lama kemudian bisa diatasin.
5. Om gue ngobrol2 sama ketua RT sana. Om gue iseng aja ngomong gini, "Pak.. Kayaknya rumah yang saya tempatin itu ada yang 'aneh' ya..". Tau ga tanggapan pak RT nya gimana, dia bilang "Ohh.. Pasti kamu ngeliat ibu2 sama dua anak ya?". Padahal om gue ga bilang anehnya itu kayak gimana dan sosok yang dia liat kayak apa. Selidik punya selidik, ternyata emang beberapa tetangga om gue pernah ngeliat "mereka". Salah satunya cerita pas dia lewat rumah om gue, dia ngeliat ibu-ibu dan 2 anak kecil berjalan di halaman samping rumah om gue itu (uhm bukan halaman samping sih tepatnya, soalnya jarak antara halaman itu dengan  tembok rumah om gue dan tembok tetangganya cuma sekitar 1,5 meter). Penasaran karena setau dia rumah itu ga ada dua bocah, dia meratiin ibu dan anak itu berjalan perlahan-lahan sampe akhirnya ga keliatan lagi. Tapi kemana? Karena ujung 'halaman' itu juga tembok. 

Akhirnya setelah dapet rejeki lebihan, om gue memutuskan pindah dari sana.

*kepanjangan
*cape ngetik
*Btw masi ada beberapa cerita yang mau gue post, next time deh. Hehe :D
Back to Top