Menikah

Menikah.
Kata-kata itu mulai santer terdengar di telinga gue belakangan ini. Hal ini ga lain karena gue mulai sadar kalo umur gue udah ga muda lagi dan teman-teman seangkatan gue (bahkan yang lebih muda) satu persatu meninggalkan masa remaja (akhir) mereka dan masuk ke fase selanjutnya : membangun keluarga baru.

Dan gue mulai ngeri.

Gue mulai dibayang-bayangin tuntutan dari keluarga gue buat ikutan nyusul nikah karena di kampung gue, sekitar 2 tahunan lagi umur gue udah termasuk "perawan tua" yang ga laku-laku sementara teman-teman seumuran gue mungkin anaknya udah lima orang (lebay). But hey, gue punya pacar kok. That means, gue laku kan yah? Yah? *mencari pembelaan.

Emang ya semakin kita dewasa semakin banyak problem yang hadir di kehidupan kita, kita mulai dituntut untuk mengambil keputusan sendiri, mempertimbangkan banyak hal, dan memusingkan serta mengurus berbagai macam persoalan. Dan berani berkomitmen. Oh ya, ngomong-ngomong komitmen, gue rasa itu adalah salah satu alasan gue takut menikah, gue belum berani berkomitmen. Emang sih gue adalah tipe orang yang menjalin hubungan selalu serius, tapi buat menikah? Gue rasa gue belum berani. Kepikiran ya kadang pengen juga nikah muda, gendong2 baby yang lucu, ngurusin suami, tapi gue takut gue belum bisa ambil tanggung jawab segede itu. Sarapan aja gue masi dibikinin, bangun suka seenaknya jam berapa, kamar berantakan, baju sebulan ditumpuk ga disetrika, kemampuan masak super standar, pakaian masi dicuciin, males ngerjain pekerjaan rumah tangga, dan sebagainya. Belum lagi serentetan "masih" yang masih melekat di gue; masih terlalu individual, masih belum cukup punya toleransi sama orang lain, masih egois, masih kekanakan dan manja, masih ketergantungan sama orang tua, bla bla you name it. How come gue bisa membangun rumah tangga dengan modal kayak gitu?

Gue ingat kisah "dilamar" sama salah satu pemuda kampung gue, anggap aja namanya X. Kejadiannya akhir 2010, gue udah lama sih ga ketemu sama dia, dipertemukan lagi di FB. Dia ngajak chat, ya karena sekampung ga enak lah kalo ga gue tanggapin, apalagi dia ga aneh2 kok nanyanya, paling nanya kabar abang gue gimana, si ini sekarang dimana, kuliah gimana, udah punya cowok belum, dsb. Tapi gue salah. Sekitar satu bulan kemudian, tante gue dari pihak papa ngajak ngomong serius. Dia bilang kalo si X suka sama gue dan berniat ngejadiin gue istri. Kalo gue setuju, maka acara lamaran resmi bisa disegerakan a.s.a.p. Gue langsung menggeleng kuat2 karena:
  1. Gue ga tau si X ini orangnya kayak gimana, mukanya gimana, tingginya berapa (dari dulu gue suka cowok tinggi, wakakaka), blabla (Well katanya ga harus tunangan langsung, ketemuan aja dulu, kalo cocok baruuu..)
  2. Gue udah punya pacar. Part udah punya pacar sebenarnya termasuk masalah ga penting kalo buat orang kampung gue. Katanya, "Trus kenapa? Semua orang juga punya pacar..". Bzzz. Tapi buat gue penting, gue ga suka ngeganggu hubungan orang. Karena itu gue juga ga mau hubungan gue diganggu kecuali dengan pertimbangan yang matang dan masuk akal.
  3. Gue ga siap nikah muda dan menghadapi permasalahan rumah tangga. Gue kurang bisa berbasa basi  sama orang lain dan pasti bakalan kagok menghadapi persoalan rumah tangga (seperti memasak, mengurus suami, mencuci, berbelanja ke pasar, mengurus rumah, belum lagi kalo hamil dan mual2, hiiii..) 
  4. Gue masih pengen senang-senang, karena dengan kondisi gue sekarang menurut gue belum tentu bisa gue jalanin kalo gue udah menikah nantinya.
Jadi melihat poin-poin diatas, gue langsung menggeleng dan bilang "I will say no, say no.. Kamu kamu lelaki buaya darat..". Loh malah nyanyi.

Jujur gue salut banget sama mereka yang berani nikah muda, terlepas dari berbagai alasannya. Keren aja umur segitu udah berani ngambil keputusan dan udah nemuin jodoh yang ditentukan Tuhan buat dia. Tapi kan hidup ga sesimpel itu buat sebagian orang? Masih banyak pertimbangan yang harus dipikirin buat kedua pihak, baik dari keluarga gue dan dia, maupun alasan personal masing-masing. Menikah kan ga cuma nyatuin dua orang, tapi juga nyatuin dua keluarga, dua adat dan kebudayaan, dua perbedaan, dua pandangan hidup, dan lain-lain, dengan tanggung jawab terbesar tentunya berada pada gue dan siapapun pasangan gue kelak. Pertanyaannya, bisa ga sih kami memikul tanggung jawab itu? Insyaallah bisa, tapi kalo untuk dua tahun dari sekarang, I doubt we could make it. Masih banyak hal yang harus dicapai dan diselesaikan, masih banyak hal yang harus dirubah, masih banyak sifat dan pandangan yang harus disatukan. Jadi gue rasa, menikah belum termasuk to-do-list gue, at least sampe 2 atau 3 tahun kedepan. Kita masih sama-sama harus belajar, setelah semakin matang, baru deh di gasss. Hehehe


P.S : Kadang pengen juga sih nikah cepet, apalagi kalo liat di fb yang udah nikah kayaknya bahagiaaa banget. Tapi kalo kebayang part2 ga enaknya, jadi surut lagi deh keinginannya ;)

Back to Top