Udah Ga Ada Greget Nih Kuliah -_-

Ini cerita beberapa minggu sampai satu minggu lalu. Musim ujian. Ketika orang-orang mulai sibuk memfotokopi bahan dan catatan teman, sebagian kecil komat kamit menghafal materi, sebagian besar membuat kepe'an (istilah 'contekan' di Bengkulu), dan latihan-latihan di notebook untuk memantapkan desain/coding.

Dulu gue termasuk sebagian kecil itu. Menghafal materi ketika mau ujian dan aktif di kelas menjawab pertanyaan dosen, dan rajin obrak abrik codingan untuk nemuin fungsi yang ini buat apa yang itu buat apa. Tujuannya? Supaya tambah pinter dan dapat nilai bagus tentunya. Tapi gue sadar, ngedapetin nilai bagus  ternyata nggak sesusah itu disini. Di kelas gue, paling cuma 15% yang ga bikin contekan, itu juga karena mereka nyontek ke orang yang bikin contekan. Ngeselin ketika ngeliat mereka yang minus usaha tapi nilainya justru lebih tinggi, atau ketika si dosen cenderung subjektif ngasih nilai (misal, karena si ini mukanya muka orang pinter, atau karena si ini jadi komti, jadi nilainya otomatis A dan akibatnya komti kelas gue jadi bahan sirik2an anak2 termasuk gue, karena 2 semester belakangan nilainya melesat naik bahkan lebih tinggi dari gue -__-).

Gue orang yang kebanyakan ga beruntungnya. Nggak tau ya kenapa. Lihat di post2 terdahulu, banyak contohnya. Apalagi soal nilai ini. Kebanyakan gue dikasih B dan gue ga nemu alasan yang masuk akal kenapa gue bisa dikasih B. Mungkin style muka gue ga mendukung, atau mungkin karena nama gue terlalu invisible buat dosen2. Gue berpikir kalo gue ini naif. Jadi gue mulai males belajar dan megang buku. Gue mulai ga peduli jadwal kuliah dan jadwal ujian. Gue berhenti ngobrak-abrik codingan. Gue berhenti antusias terhadap rencana TA gue (yang berulang kali ditanyain oleh cincaah). Gue kecewa karena suasana persaingan di kelas yang gue harapkan tuh ga kayak gini. Gue bahkan ikutan bikin contekan tiap ujian. Ngapain susah2 kalo ternyata ngedapetin nilai ga seribet yang ada dipikiran gue? Fine, sekarang kita sama loh teman-temaan *peluk satu-satu.

"Enak yah kalo tiap ujian kayak gini, kenapa ga dari dulu coba", gitu yang ada di pikiran gue. Tapi belakangan gue mulai ngerasa kalo gue mengalami kemunduran otak. Hahaha serius loh. Gue ngerasa tambah bego aja gitu. Dua ujian praktik gue yang terakhir kacau balau, padahal jawabannya so simple, tapi guenya malah ngeribet2in diri sendiri (I guess, nilai gue paling tinggi di kedua praktik itu kayaknya 60 :D ). Kecewa banget, tapi gue tetep (berusaha) happy. Karena gue mulai sadar, emang gue pantes nerima itu. Harusnya gue belajar dulu sebelum ujian, bukannya sok pinter gini padahal ga ngerti. Apa bedanya gue sama teman-teman yang sering gue cibir itu? Yang ada malah mereka lebih sukses dalam ujian itu karena mereka belajar. Yeah emang cuma dua ujian, tapi gue udah keburu down. Ahh gue cuma pengen berbeda. Gue ga mau jadi mayoritas di kelas ini. Tapi sekarang malah gue termasuk mayoritas, huhuhuu cediih..

Penyesalan emang selalu datang terlambat. Ketika ngeliat orang2 yang yudisium kemarin pada bawa piala dan plakat lulusan terbaik, gue jadi ikutan mupeng. Gue jadi ingat tujuan awal gue kuliah, gue pengen bikin senang ortu gue dengan predikat lulusan terbaik dan berpikir kalo anaknya masih sepinter yang dulu walaupun dalam perjalanan hidupnya kebanyakan ngambil keputusan yang salah *hihi dramatis abis. Tapi kayaknya gue ga berhasil. Selamat tinggal deh predikat lulusan terbaik 2013. Hahaha udah down duluan karena secara logika IPK udah terkalahkan :'(
Back to Top