Udah Ababil, Jahat Pula

Tiba-tiba gue teringat chat beberapa minggu lalu dengan seorang teman, uhm maksud gue mantan. Haha. Chat itu membuat gue mikir lagi betapa jahat, egois, dan manjanya gue di jaman-jaman labil tahun 2006-2008 dulu. Ini nih kutipan chatnya :

Gue cerita dikit ya. Jadi waktu itu kita lagi jalan pake motor. Namanya anak SMA ya, motornya di modif-modif gitu. Kebetulan si mantan (anggap aja namanya X), ikutan klub motor ceper dan alhasil motornya cepeeer banget. Gue dulu paling kesel dan malu kalo dia bawa motor yang dimodif-modif itu, buat gue dulu mendingan motor biasa aja karena gue selalu berasa lucu naik motor yang pendek banget, sering diliatin orang, dan kalo di polisi tidur hampir selalu disuruh turun. Hehe.

Sampailah suatu hari ketika kita jalan, ban motornya bocor. Gue yang udah malu jadi tambah malu karena terpaksa berhenti dipinggir jalan, mana tempat nambal ban nya agak jauh dari posisi kami. Trus gue bilang kalo gue pengen pulang aja karena malu banget. Wakakaa. Kalo ga salah gini nih percakapannya :
Gue : "Kamu cari aja deh tambal ban nya sendiri. Aku mau pulang aja!"
Dia : "Kamu temenin aku dong.. Biar aku yang dorong.."
Gue : "Aku tu malu tau gak, diliatin orang gini. Aku pulang aja deh!" *sambil nyetop angkot yang lewat

Jahat banget ya? Udah gitu di angkot gue masih sempat-sempatnya sms marah-marah ke dia dan bilang "Lain kali kalo jalan liat-liat dan periksa kondisi motornya biar ga bocor. Bikin malu aja!".

Bukan cuma itu, gue juga pernah berantem cuma gara-gara sms gue dari dia dibaca dan dibalas teman gue. Di sikon ini jelas-jelas X ga salah, tapi gue marah-marahnya malah sama dia karena "Kamu ga bisa apa bedain gaya tulisan aku sama teman aku? Main balas-balas aja. Harusnya curiga dikit kek!". Parah.

Keegoisan gue berlanjut sampe gue kuliah di Padang. Dia selalu nganter dan jemput gue, itupun juga dengan bonus omelan-omelan dari gue sepanjang jalan kalo dia telat. Padahal, kampus kami beda arah (gue ke arah laut, dia ke arah bukit, waktu itu dia masi kuliah di FE Unand) dan seringkali dia ga ada jadwal. Agendanya cuma nganter dan jemput gue doang, udah. Haha. Padahal jarak rumah dia ke kosan gue (kemudian ke kampus) sekitar 20 kilometer. 

Pernah suatu hari gue nemenin dia ke samsat. Ngurus STNK mobil dia apa gimana gitu, ngantrinya lama banget. Udah jam 1 kurang dan giliran dia belum juga sementara gue ada kuliah jam 1.30. Trus gue marah-marah di samsat..
Gue : Aku ni mau masuk. Telat dikit aja bakalan diusir!
Dia : Iya tunggu bentar. Bentar lagi palingan aku dipanggil..
Gue : Aku pikir bakalan bentar, tau gini mending aku naik bus aja! Mana ke kampus aku ni masi jauh.
Dia : Pasti sempat aku nganternya..
Gue : Aku pergi aja deh. Lama!
Dia : Eh jangan!
Gue : (Tetep pergi sambil nangis dan nyetop bus -___-)

15 menit kemudian ketika gue masi dijalan, dia sms dan bilang kalo dia udah selesai dan minta maaf karena jadi ga bisa nganterin gue (yang mana sebenarnya masi sempat!), tapi gue telanjur ngambek. Buahaha.

Beberapa bulan sebelum putus, gue pernah break gara-gara satu masalah yang ga mungkin gue ceritain disini. Lalu gue jutekin dia karena masiiii aja nganter dan jemput gue dan manggil gue sayang-sayang. Dan akhirnya kita balikan lagi ga lama setelah gue ulang tahun dan dia ngasi kejutan yang bikin gue terharu. Tapi 3 bulan kemudian putus lagi gara-gara ego dan kenaifan gue. Gue loh, bukan dia. Akhirnya dia mau nerima setelah sebelumnya memohon-mohon dan dengan angkuhnya gue tolak. Mungkin waktu itu dia udah sampe di satu titik dimana dia mulai bosan karena selalu mengalah dan semua yang dia simpan-simpan udah siap untuk dikeluarkan. Hahaha.

.......

Gue pernah bilang ke dia gini pasca kita udah putus, "Aku jadi kepikiran. Sebenarnya ga baik juga ngalah terus-terusan kalo bukan kamu yang salah.. Karena kamu jadi ga ngasi kesempatan sama aku dulu, sama pacar kamu sekarang, buat berubah lebih baik. Kami bakalan tetap dengan keegoisan kami kalo gitu.. Kalo dimanjain yang bukan pada sikonnya cewek tuh bakalan ngelunjak, haha.."

Sekarang gue malu kalo mengingat itu, apalagi kenyataan bahwa si X masi inget kejadian-kejadian itu membuat gue malu sama diri gue, sama keegoisan gue, ahahaha. Gue emang ngeselin banget deh dulu. Rasanya gue pengen balik ke masa itu dan noyor diri gue yang begitu ababilnya. Ga kebayang kalo gue bisa grow up dan berusaha merubah kejelekan gue dulu sampe kayak gini (untuk yang ini gue berterima kasih  pada Fajri, haha :p). Emang sih sekarang masi jauh dari kata baik, tapi setidaknya gue udah berubah banget dan ga ekstrim parah kayak gitu lagi. Semoga bisa lebih baik lagi dan lagi deh, amiiin :D
Back to Top