#ihate

Masalahnya orang2 memaksakan ekspektasi mereka ke kita, terutama bagian yang terlihat ideal. Jadinya terkadang kita emang butuh topeng biar bisa "hidup" di lingkungan sosial tertentu. Ada yang bilang, orang lain lebih tau tentang kita, karena mereka menilai lebih objektif. Tapi aku ga setuju. Walaupun menyangkal sikap2 tertentu, deep down kita pasti sadar kita memiliki sikap menyebalkan tersebut. Orang2 cuma tau alasan2 yang kita sampaikan tentang sikap kita (bahkan kadang mereka sibuk berkreasi menciptakan alasan buat sikap kita). Tapi toh yang paling tau kenapa kita begini atau begitu ya kita.
*tanggapan cincaah pas gue cerita soal lelah for being fake 

Dulu gue menikmati saat2 gue menjadi palsu.

Semester awal : duduk paling depan (bukan gue yg milih sih, ayu wita dini titin yang suka duduk depan dan nyisain kursi buat gue juga), diem, cool, baik dan ramah sama semua orang, hobi protes kalo ngerasa dosennya ngomong salah, keliatan rajin (padahal ga rajin2 amat, image ini terbentuk karena gue suka duduk di depan dan rajin nyatet dan suka protes dan diem kalo ga ada topik). Gue rasa pada tahap ini orang2 menyukai gue karena gue sabar dan dewasa dan diem dan baik dan sebagai2nya.

Semester berikutnya : duduk mulai agak tengahan (temen sekelas gue pada rebutan duduk paling depan, dunno why), mulai ribut, mulai ga peduli apa yg disampein dosen, males nyatet (believe or not, catatan semester gue cuma 5 lembaran --"), tetep males2an kalo ada presentasi tapi kuliah ga pernah absen, dan mulai suka bergosip. Bukan cuma sama temen2 deket, sama anak2 sekelas gue mulai cerewet dan mulai disukai buat jadi temen haha hihi atau cuma buat smsan ga jelas. Tapi gue masi tetep baik, masi tetep ramah, bahkan ketika ada yg bilang gue pelit (PADAHAL GUE GA PERNAH PELIT PADA SIAPAPUN, GUE GA PERNAH NGOMONG "GA MAU", GUE CUMA BILANG "NANTI YA..", gue masih bisa nanggapin dengan senyum dan becandain balik. Fajri bahkan bilang, "Aku berani bertaruh, ga ada yg ga suka ngobrol sama kamu!"

Dan semester ini perubahan gue mulai jelas. Gue yang sebelumnya masi dikategorikan anak baik dan ramah, jadi kebalikan 180 derajat. Lebih ke, hmm katakan lah jelek (menurut mereka). Oke kita bahas satu2:

  1. Ga pedulian : Ini mulai sejak semester yg lalu. Di kelas, gue bersikap "mind-ur-own-business" terhadap dosen, dan bertambah parah sejak semester ini. Gue mulai ga peduli dengan pelajaran (sebelumnya akting ga peduli tapi sebenarnya gue peduli), catatan cuma 2 lembar bahasa indonesia (terpaksa nyatat karena dosennya ngeliatin terus), ga peduli dengan tugas dan presentasi (kebanyakan presentasi itu yg acc dan ngeditnya tuh gue, dan gue ga hadir presentasi karena bolos. Dan tugas, gue pernah ga bikin tugas dan ternyata tugas itu dijadiin 10% dari total nilai. Mendengar itu gue masi masa bodo sementara temen2 gue udah panik karena ga ngerjain), dan acuh ga acuh ngeliat hasil ujian (hmm part ini sebenarnya ga begitu mengecewakan, justru gue ngerasa lebih cool dengan tatapan anak2 yg "how-dare-lo-bisa-dapet-segitu-sementara-kerja-lo-cuma-hahahihi-doang?") .
  2. Pembolos : Gue mulai males ngampus karena udah ga kerasa gregetnya. Pelajaran gue terlalu banyak teori (gue benci ini btw, dulu gue milih jurusan ini karena gue pikir bakalan banyak praktek --> harusnya emang banyak praktek, tapi kampus gue agak ehm). Lalu kalo gue bolos dan jam berikutnya gue masuk, gue bakal ditanya2in. Gue bahkan heran, kok orang2 pada tau sih gue ga masuk pelajaran dosen A atau B. Sementara gue aja ga peduli siapa yg ga masuk pelajaran apapun (dalam hati sebenarnya seneng karena itu berarti gue dianggap, haha). Cuma ga enaknya itu mereka seenaknya menyimpulkan kalo gue blablablabla gitu.
  3. Pemalas : Oke ini keliatan banget. Udah duduknya paling belakang (dan temen2 gue jadi kebawa2), berisik banget ngobrol2 (kadang autis sendiri), ga meratiin dosen ngoceh, ga pernah nyatet, dan sebagainya
  4. Suka menunda : Bad habit. Susah ngilangin ini, dan tambah menjadi2. Kalo belum deadline, jangan harap gue ngerjain. Kadang ide2 baru bisa datang pada saat2 terakhir. Lol
  5. Sensian dan emosian : Humm sebenarnya gue emang sensian. Cuma selama ini gue pinter nyembunyiin. Kalo gue lagi sensi atau apa2, gue curhatnya sama cincaah atau taupik doang. Tapi sekarang gue mulai nunjukin kalo gue ga suka dibecandain gini lah, dibilang gitu lah, ekspresi muka gue mulai jelas sekarang (biasanya lempeng doang), gue mulai nunjukin kalo gue tersinggung dan ga suka sama sesuatu. Dan itu dengan style gue sendiri sampe2 orang jadi diem, contoh:
Biasanya :
A : "Put, udah bikin tugas ini belum?"
Gue : "Belum ni.." (BENERAN BELUM YA)
A: (ga percaya karena reputasi gue) "Ah pelit. Bilang aja ga mau ngasi tau, dasar pelit lu!"
Gue : "Hahaha apaansi, enak ajaa.. Emang belum. Tar deh kalo aku udah bikin aku kasi tau.."
Sekarang :
A : "Put, udah bikin tugas ini belum?"
Gue : "Belum ni.." (BENERAN BELUM YA TOLONG, gue kan suka nunda)
A : (ga percaya) "Ah pelit. Bilang aja ga mau ngasi tau, dasar pelit lu!"
Gue : "Emang kenapa kalo gue pelit? Masalah? Mau pelit, mau nggak, itu hak gue. Dan lo, apa yg udah lo lakuin buat gue? Ga ada kan? Gue toh ga punya utang sama lo!" *dan sederet omelan lainnya
A : (shock krn reaksi gue) "Ah kamu put.. Aku kan becanda doang..."

Sorry, gue ga suka becandaan macam itu lagi. Udah terlalu sering.

Cc (lagi2) bener.
1. Orang2 terlalu memberikan ekspektasi kalo gue tuh gini gini gini
2. Ketika ekspektasi mereka mulai berlebihan, dan gue ga sanggup memenuhi itu, mereka mulai menyalahkan gue dan ngarang2 alasan untuk membenarkan tindakan mereka yang terkesan ngejudge
3. Gue, yang ga siap dibilang berubah (gue menghindari kata berubah sebenarnya, gue lebih prefer kata 'kembali', mulai bersikap nyebelin dan nyolot karena mikir kalo mereka ga ngerti alasan gue bersikap gitu (yang menurut mereka ini-bukan-gue)

So please, liat gue. Ngertiin. Ini gue yg real. Gue bosen make topeng. Dan ga usah berekspektasi lebih terhadap gue.
"Lucu aja saat orang2 bilang kita berubah, padahal jelas2 kita tidak melakukan perubahan tertentu."
Back to Top