Scrabble

Hari ini gue ikut lomba scrabble dan satu tim sama rani, sepupu gue. Btw terakhir kali gue mainin scrabble itu adalah pas jaman gue SMP, dan karena pas SMP gue dan temen2 gue tuh copo to the max, gue mainin pake bahasa Indonesia (itupun sering ngarang2 dan liat KBBI untuk secara untung2an nemuin kata yg dimaksud emang ada atau ga). Jadi ketika rani ngajakin ikut, gue agak nolak karena gue ga ngerti aturannya gimana. Setelah dipaksa2 gue bersedia ikut, tapi sialnya kita telat pas technical meeting sehingga kita cuma tau sekian persen dari peraturan2 mainnya.

Skip skip, jadilah pagi ini gue berangkat ke *** (kampusnya rani). Dan pas lewat pos satpam terjadilah peristiwa ini:
Cowok : "ADEK!!! ADEK!!!" (teriak2 pake TOA) --> btw gue ga tau kalo itu satpam, gue ga minat noleh ke asal suara karena gue pikir itu cuma orang2 iseng/panitia lomba
Gue & Rani : (cuek dan jalan trus, apalagi Rani bilang "Udah biarin aja kak")
Cowok : (yg kemudian teridentifikasi sebagai security, yg pake baju dongker2 gitu, bukan baju satpam) "Baju hitam!!! Adek yang baju hitam!!!"
Rani : (teriak) "BUKAN MAHASISWA SINI PAK!!!"
Gue : (tiba2 teringat cerita Rani soal peraturan-setengah-resmi yg mewajibkan mahasiswinya pake jilbab, tp bukan peraturan kampus ding. Soalnya dosen2nya masa bodo siapa yg pake jilbab atau ga) "Saya bukan mahasiswa sini pak!"
Security : "Iya kamu bukan mahasiswa sini, TAPI KAMU MAHASISWI SINI! Sini dulu!!!" --> masi pake TOA loh ya~
Gue : (mulai kesal) "SAYA MAHASISWI ******* PAK!!! SAYA KESINI MAU IKUT LOMBA!!!" *emosi
Security : (diem, kayaknya malu karena salah orang) "Ooo, lomba nya sebelah sana..."
Gue : "Bego lo!!" (pas udah jauhan dikit, gatau deh dia denger apa ga)

Well, jujur gue agak kecewa. Seharusnya ketika ada acara akbar kayak ini (ulang tahun BEM universitas dan ada puluhan perlombaan yang bersifat antaruniversitas/umum), mereka ga selayaknya menerapkan aturan berjilbab pada hari dimana lomba diadakan karena begitu banyak peserta yang ga memakai jilbab (gue mencuri dengar percakapan mereka di tangga2 deket ruangan lomba yang kesal karena ditegur satpam, pake TOA lagi. Persis kayak gue! Yaudah sih kalo sebelum gue udah ada yg ga pake jilbab juga, ga pantes juga mereka negur2 gue. Ya kan?)

Gue, sebenarnya menghormati banget kalo emang itu peraturan kampusnya. Tapi tolong dong, gue umum, kenapa juga di brosur2 lombanya ga dibikin "PESERTA DIHARUSKAN MEMAKAI JILBAB SELAMA DI LINGKUNGAN KAMPUS ***!!" ?? Dan kenapa juga pas di depan gerbang ga ditulis besar2 "Kawasan Wajib Jilbab" atau semacamnya biar orang tau kalo pas menginjakkan kaki di kampus itu orang2 wajib make jilbab. (Btw kata Rani, banyak mahasiswi sana menilai peraturan itu konyol karena 'kesadaran berjilbab ada di hati setiap orang, bukan dipaksa'. Jadi ketika lewat pos satpam mereka melepas jilbab2 mereka, sounds bad bukan? Gue pikir akan lebih bagus kalo emang ga berjilbab dari rumah karena kesannya mereka mempermainkan makna jilbab itu sendiri). Ga nyalahin juga kalo emang gitu peraturannya, tapi ada baiknya kan disosialisasikan dulu pada masyarakat umum (khususnya peserta lomba)? Apa gue salah?

Skip skip, gue dan rani berhadapan dengan tim klub bahasa inggris universitas negeri di bengkulu ini. WTH!! Kenapa harus mereka? Cowok2 ini kan yg pas technical meeting berisik banget dan nyalah2in panitia karena ada peraturan yg menurut dia bukan-kayak-gini-loh dan cerewet banget nanya ini itu. Dan tampangnya, ouhhh memuakkan. Sok pinter dan berusaha menampakkan kalo dia pintar. Oke kita anggap aja namanya Aming dan Tukul. Aming ini cerewet ampun2an dan Tukul agak pendiam tapi punya tatapan lo-bego-gue-pinter yang sama kayak Aming

Juri tim gue+dia : "Ya, jadi peraturannya perlu dibacakan lagi?"
Aming : "Ga usah!" *sok paten kali lah
Gue : "Kami ga tau mbak, pinjam kertasnya bentar boleh kan? Kami mau quick scan.."
Aming : (ngeliatin seolah2 bilang "ah elo bukan lawan gue")
Juri : "Jadi dalam scrabble ini kita mengacu pada kamus..." (dipotong)
Aming : "Oxford! Selain itu tidak dibenarkan." *ngomong dipanjang2in seolah2 boring

Skip skip, Aming protes karena huruf2 pada biji2 scrabble yg keliatan walaupun posisinya kebalik. Jadi dia minta kaleng/apapun lah buat mastiin ga ada kecurangan dalam pemilihan huruf. Oke deh bro.
Skip skip lagi, pas permainan mulai, Aming dan Tukul sangat bernafsu buat ngalahin kami. Dan dia malah yg ngajarin jurinya yg agak hmm bego karena kurang ngerti sistem penilaian scrabble itu gimana (jurinya panitia2 itu lah), Aming keliatan kesel banget karena mungkin lombanya ga seprofesional yang dia duga. Dan gue yang ngerasa emang udah kalah dari awal karena emang ga ada persiapan, berusaha santai.


FYI Aming dan partnernya itu emang jago sih. Mereka bisa ngerangkai kata2 baru di sela2 huruf, dan gue yg emang ga ada persiapan sama sekali, ngakuin kalo mereka emang hebat. Skip lagi, dia minta challenge ketika gue menaruh kata "POX" (sebenarnya gue tau artinya, tapi gue diem aja. Jurinya ngeliat kamus oxford)
Gue : "Ahh kayaknya ga ada deh kata itu.."
Tukul : *senyum2
Aming : "Haha.. Kamu berharap aja semoga ada.. "
Pale lo semoga ada!
Juri : "Oke jadi disini ada kata pox. Pengurangan poin sejumlah hmmm..."*mikir
Aming : "36, kasi 36 buat rahmadini!" *pandangan mencela ke juri

Gue ga bisa nahan diri buat senyum, tapi itu ga berlangsung lama karena Aming dan Tukul bertambah mengganas dan tak lama kemudian gue udah 2x pass karena kehabisan ide (biji2 yg gue dapet huruf mati semua macam Z K V sementara kotak udah hampir penuh, dan huruf2 macam aiueo udah ga bisa diakses), gue dan rani mulai pasrah dan kemudian permainan dimenangkan oleh mereka berdua. Udah keprediksi dari awal jadi gue dan rani nyantai.

Cuma yang bikin kita nyesek, seharusnya dengan ranking dari total skor keseluruhan tim (bukan antar tim kayak A&B dimenangkan A, C&D dimenangkan D, you know what i mean), kita bisa maju ke babak berikutnya karena skor kita termasuk yang tertinggi. Tapi ya itulah, karena dapat lawan yg amit2 kita malah kalah sebelum perang.

Selesai bertanding, jurinya nyuruh salaman.
Aming : "Nice to play with u.." *senyum mengembang dan masi dengan pandangan mencela
Gue : "Yeahh, me too!" (dalam hati : "You monkey, fakyu!")
Back to Top