berawal dari pelet



Tiba-tiba keingat percakapan antara gue dan Pacar beberapa minggu yang lalu.

Pacar : "Sama dong kayak kamu, kamu kan jelek tp aku sayang.."
Gue : "Berarti ampuh banget dong pelet aku.."
Pacar : "Ahahaha.. Itu bukan pelet.. Katanya, pelet yang ampuh di dunia tuh cuma ada dua.."
Gue : "Apaan?" *berharap mendapat jawaban yang romantis
Pacar : "Seragam PNS sama Polisi"
Gue : "Haha.. Ahhaha.. Aha ha.. Ha.". *ketawa tp kok malah kedengerannya maksa ya..

Soal polisi sih no idea. Ga ada yg salah sih, cuma gara2 kak wid dan kak mita pernah bilang ilfeel sm polisi, gue jadi ikutan terpengaruh. Haha.. Trus soal PNS, gue sering mendadak nge-krik gitu loh tiap kali bahas2 soal PNS sama Pacar. Pacar berharap dia bisa jadi PNS, sementara gue ga begitu mikirin mau jadi PNS apa ga. Frankly speaking, gue ga ngerti dimana letak kebanggaan orang yang punya suami / istri / adik / kakak / siapapun yang PNS. Gue bukannya ga suka sama status PNS nya, dan by the way PNS itu sendiri kan banyak loh macamnya. Yg gue maksudkan ini bukan PNS yang tinggi kayak dosen S3 lah, atau apa lah. Maksud gue kayak yang tamatan SMA atau D3 atau S1 yang ga hebat2 banget posisinya. Gue kagum pasti sama orang yang lulus, tapi ga parah2 amat, ga seiri gue kalo ngeliat temen2 gue yg lulus di perusahaan ini lah itu lah.. Gue agak heran kenapa orang nganggap jadi PNS itu begitu wow, sementara buat lulus PNS itu aja kebanyakan orang harus nyogok puluhan sampe ratusan juta (catatan : ini bukan menggeneralisasikan PNS loh. Ini kejadian di tempat gue, bukan semua daerah. Disini, yang lulus murni aja ga jarang dimintain uang 'pelicin')

Pas lagi makan bakso kami sempat berdebat soal PNS ini lagi,
Gue : "Apa sih yg dibanggain? Masuk aja nyogok ampe jual kebun lah, toko lah, rumah lah, apa lah.. Kenapa sih orang2 pada mikir kalo jadi PNS idup tuh bakal sejahtera?" *ini ngomongin orang yg masuk PNS dengan nyogok, bukan lulus murni. Asumsi : gaji PNS kan palingan 2 juta sebulan, nyogoknya ampe ratusan juta. Kapan coba bakal kebayar --"
Pacar : "Kalo jadi PNS tuh terjamin.. Kalo pengusaha, sapa yg tau sih idupnya gimana? Bisa aja kan suatu hari kaya, trus suatu hari malah bangkrut? Nah PNS, apa coba yg dipikirin? Kerja cuma 5 hari, ga sampe malem. Ga masuk pun, ga bakal ngaruh. Kesehatan terjamin, dana pensiun ada, bahkan kalo kita sakit dan ga masuk kerja aja, gaji kita masi diterima full.. Coba kalo pengusaha, seminggu aja toko ga buka, berapa tuh ruginya?"
Gue : *dalam hati membenarkan, sekaligus masi belum abis pikir. "Iya sih.. Tapi kalo orang tua aku, ga bakalan mau tuh ngeluarin duit minimal 80 juta sampe maksimal tak terkira gitu. Mereka bilang, mending kamu aku kasih 80 jt buat modal, trus buka usaha sendiri. Gitu yank.."
Pacar : "Hm.. Hahahaha.."

Gue pribadi sih, agak2 ilfeel dengan status PNS sejak gue tau cara masuknya gimana, apalagi disini. Buat jadi PNS emang ada 2 cara, yang pertama emang murni ngandelin kepinteran (yang kayaknya persentase diterimanya lebih sedikit), dan yang ngandelin koneksi atau yang make suap. Ah mungkin kalopun suatu saat gue tergoda buat jadi PNS, gue berharap mogaaaa aja gue berhasil lulus murni dan ga dimintain uang pelicin pelicin segala. Amiiinnn..
Back to Top